Puding Lezat
Puding adalah hidangan favorite bagi kebanyakan orang sebagai pilihan makanan penutup yang lezat.
Pada akhir abad ke-16, orang-orang mencampurkan sisa remah roti, tepung, lemak, dan telur untuk membuat makanan kukus.
Ada spekulasi bahwa makanan penutup puding pertama kali dihidangkan di Jepang sekitar tahun 1860. Ketika hotel yang dikelola Inggris muncul di Yokohama, mereka menyajikan berbagai makanan Barat, serta berbagai makanan penutup puding.
Dari puding tersebut, hanya puding susu dan telur yang mengakar di Jepang. Sejak tahun 1931, makanan penutup puding yang dihias dengan es krim atau buah sangat menarik perhatian, sehingga kebanyakan orang berkunjung ke Jepang hanya untuk menikmati hidangan puding yang lezat ini.
Pembuat dim sum Kazuhisa Hashimoto berkata: "bahan baku puding hanya telur, susu, gula dan vanilla sebagai bumbu." Rasio pencampuran kuning telur dengan putih telur adalah 6:1.
Bahan yang dibutuhkan dalam membuat puding sangat sederhana dan bisa dibuat dengan mudah di rumah.
Langkah-langkah pembuatannya, sebagai berikut:
1. Pertama, campurkan susu dengan gula dan panaskan dengan api kecil. Panaskan perlahan untuk melarutkan gula.
2. Siapkan cetakan puding, cuci dan keringkan, lalu oleskan minyak tipis-tipis dan sisihkan.
3. Tambahkan 15 gram air dan 50 gram gula ke dalam panci, rebus perlahan hingga berwarna cokelat keemasan dengan api kecil. Apabila rebusan tersebut sudah berwarna cokelat, selanjutnya tuang ke dalam cetakan puding selagi panas, dan tutupi bagian bawah cetakan puding (tebal sekitar 2 mm).
4. Kocok telur ke dalam mangkuk, aduk dengan susu dingin, lalu tambahkan susu panas yang telah dicairkan gula dan aduk rata, lalu saring melalui saringan halus.
5. Tuang susu telur ke dalam cetakan puding (hingga 80% penuh). Selanjutnya didihkan dengan api kecil selama kurang lebih 20 menit, hingga bagian tengah telur matang, lalu dinginkan dan sajikan.
Jika Anda suka buah, maka Anda bisa menambahkan semua jenis buah ke dalamnya. Puding cocok untuk disimpan ditempat bersuhu dingin. Pada umumnya, penyimpanan di suhu sekitar 20 derajat dapat membuat puding bertahan selama 1-2 hari, dan apabila disimpan di lemari es bisa bertahan hingga 3-5 hari.
Usahakan untuk menutup puding dengan bungkus plastik sebelum menyimpannya. Makanan seperti puding, jika tidak diawetkan atau dimasukkan ke dalam lemari es, sebaiknya jangan dimakan lagi.