Perawatan Kulit Organik
Produk perawatan kulit organik, seperti namanya, berbeda secara signifikan dengan produk perawatan kulit biasa dalam hal "organik".
"Organik" mengacu pada bahan baku, proporsi komposisi, dan persyaratan produksi serta pengolahan produk perawatan kulit organik.
Produk perawatan kulit organik harus menggunakan bahan baku tumbuhan yang bersertifikat organik untuk memastikan bahwa bahan-bahannya alami. Pada saat yang sama, produk petrokimia tidak boleh ditambahkan ke produk perawatan kulit, bahan iritan tidak boleh digunakan, dan tidak boleh ada bahan tambahan sintetis. Saat membeli produk perawatan kulit organik, perhatikan apakah ada sertifikasi dari organisasi terkait.
Secara umum, sertifikasi perawatan kulit organik biasanya dilakukan oleh organisasi berikut.
1. BDIH Jerman:
Baik di Jerman maupun di seluruh dunia, ini adalah sertifikasi organik yang lebih berpengaruh. Proses sertifikasi BDIH Jerman sangat ketat, hal ini berkaitan dengan pemeriksaan tegas dari pihak terkait soal keamanan produk.
2. Demeter Jerman:
Ini adalah logo sertifikasi organik Demeter Jerman, yang saat ini merupakan sertifikasi pertanian organik tertinggi di dunia, dan juga memiliki julukan "organik dalam organik".
3. NASAA Australia:
Standar sertifikasinya juga sangat ketat. NASAA Australia mengharuskan bahwa kandungan organik dari produk yang diajukan harus lebih dari 95% sebelum dapat ditandai dengan logo sertifikasi organik NASAA Australia.
4. Soil Association Inggris:
Logo sertifikasi organik Soil Association sangat sederhana, dengan skema warna hitam-putihi. Produk yang disertifikasi oleh Soil Association bahkan telah menjadi perwakilan produk organik berkualitas tinggi dan bermutu tinggi yang diakui oleh negara-negara Eropa.
Berikut adalah beberapa produk perawatan kulit organik yang bisa dipilih:
1. Dr. Hauschka dari Jerman.
2. Oshadhi.
3. Melvita dari Perancis.
4. Pai dari Inggris.
Perawatan kulit organik menganjurkan jenis "perawatan kulit yang lambat," berfokus pada kesehatan kulit jangka panjang daripada efek cepat, bahkan dengan bahan-bahan yang benar-benar baik untuk kulit. Hal ini mengakibatkan produk organik sering kali dikritik karena sensasi penggunaannya yang kurang terlihat. Misalnya, produk pembersih tidak boleh menambahkan bahan iritan, dan seringkali terasa tidak bersih setelah dicuci; produk tabir surya hanya boleh menggunakan tabir surya fisik, yang menyebabkan efek tebal dan sebagainya. Jika Anda ingin kulit tetap dalam kondisi baik dalam jangka waktu yang lama, perawatan kulit organik menjadi salah satu pilihan terbaik.