Manfaat Buah Jeruk
Jeruk dikenal sebagai sumber vitamin C yang tinggi. Selain itu, serat dan mineralnya juga baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.
Saat diolah menjadi jus, jeruk kehilangan sebagian seratnya. Namun vitamin, mineral, dan antioksidannya tetap kaya. Jus jeruk murni yang tidak ditambah gula juga bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
Selain itu, jeruk juga disebut dapat membantu melawan kolesterol, menjaga tekanan darah, sekaligus mencegah penuaan pada kulit. Selengkapnya, berikut manfaat jeruk bagi Kesehatan dan kecantikan, seperti dirangkum dari berbagai sumber
1.Membantu menjaga kecantikan kulit dan rambut
Tak hanya itu, jeruk juga bisa membantu kita menjaga kecantikan kulit dan kesehatan rambut. Zat vitamin C yang banyak terdapat dalam jeruk, khususnya jenis jeruk tangerine--tidak hanya menjaga sistem imun, tapi juga membantu memproduksi kolagen yang baik untuk kulit dan rambut. Selain itu, jeruk tangerine juga kaya akan vitamin A, zat yang disebut memiliki khasiat untuk melembapkan rambut melalui peningkatan sebum.
2.Menjaga kesehatan ginjal
Jeruk merupakan sumber sitrat dan asam sitrat yang baik dan dinilai mampu mencegah munculnya batu ginjal. Untuk itu, tidak ada salahnya mengonsumsi buah jeruk secara rutin untuk menjaga kesehatan ginjal.
3.Mendukung kesehatan tulang
Tubuh membutuhkan vitamin C yang cukup untuk bisa menyerap kalsium dan vitamin D dengan optimal. Nah, agar kesehatan tulang semakin terjaga, jangan lupakan asupan nutrisi ini bagi tubuh.
Namun, sebaiknya kamu tidak langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi jus jeruk. Sebab asam asetat dari jus jeruk bisa mengikis gigi.
4.Menjadikan Kulit Kencang dan Awet Muda
Vitamin C tinggi yang dikandung jus jeruk juga penting untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit. Pasalnya, vitamin C merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memproduksi kolagen. Kolagen sendiri bertugas menjaga elastisitas kulit manusia.
5.Menjadikan Kulit Lembap
Minum jus jeruk adalah cara yang enak untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tak cuma terhindar dari dehidrasi, jus jeruk juga bisa menjaga kelembapan kulit tubuh dari dalam.
6.Mengurangi Risiko Munculnya Stretchmark
"Jeruk kaya air dan membantu untuk mengisi ruang di antara sel-sel, meminimalkan munculnya stretchmark," tutur ahli gizi Lyssie Lakatos, RDN, CDN, CFT dan Tammy Lakatos Shames, RDN, CDN, CFT, penulis The Nutrition Twins' Veggie Cure seperti dilansir Eatthis!Health.
Selain mengurangi risiko terbentuknya stretchmark, konsumsi jus jeruk secara teratur juga bisa membantu memudarkan stretchmark secara alami.
7.Membantu Mencegah Sindrom Ovarium Polikistik
Anda harus menyantap makanan dengan indeks glikemik rendah untuk memerangi sindrom ovarium polikistik (PCOS). Jus jeruk murni tanpa tambahan gula memiliki indeks glikemik rendah dan cocok untuk mereka yang memiliki PCOS. Jeruk juga meningkatkan resistensi insulin, yang dianggap sebagai penyebab PCOS.
8. Meningkatkan kondisi pencernaan dan meregulasi tekanan darah
Tak hanya vitamin C, jeruk juga memiliki berbagai kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh. Misalnya, fiber atau serat yang bisa membantu memperlancar pencernaan. Kedua, buah ini juga memiliki kandungan potasium, yang membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga agar tekanan darah tetap normal.
Di atas adalah beberapa manfaat dari buah jeruk , yang bisa kita konsumsi dengan cara di buat jus atau langsung di makan ,ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan kita.Rutinlah mengkonsumsi jeruk agar kesehatan dan kecantikan tetap terjaga.