Manfaat Tabir Surya
Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya bagi kulit jika terpapar terlalu lama. Ada dua jenis sinar UV, yaitu UVA dan UVB. Bahaya kedua sinar ini adalah:
• Sinar UVA: Masuk menembus ke jaringan kulit dan merusak sel, memicu munculnya tanda-tanda penuaan kulit dan flek-flek hitam.
• Sinar UVB: Merusak permukaan kulit dengan membuat kulit terbakar.
Maka itu tabir surya diciptakan untuk melindungi kulit dari kedua sinar UV ini. Di dalam tabir surya terdapat bahan aktif yang bermanfaat untuk perlindungan kulit, terutama kulit wajah. Di bulan Ramadan, manfaat dari tabir surya semakin dibutuhkan karena mobilitas di luar ruangan yang semakin tinggi, baik untuk acara ibadah maupun silaturahmi. Berikut ini adalah berbagai manfaat dari tabir surya, terutama di cuaca panas saat musim kemarau.
1. Memberi Perlindungan Ganda
Sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan broad spectrum atau spektrum yang luas untuk memberi perlindungan ganda, umumnya dengan SPF (Sun Protection Factor) untuk perlindungan terhadap sinar UVB dan PA (Protection Grade) untuk perlindungan terhadap sinar UVA. DI Indonesia, sebaiknya pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan PA minimal +++ untuk perlindungan maksimal terhadap sinar UV.
2.Menjaga Kulit Tetap Kenyal dan Sehat
Salah satu protein dalam tubuh yaitu kolagen memiliki peran besar dalam menjaga kulit tetap kenyal, halus, dan sehat. Namun sayangnya, paparan sinar UV bisa merusak produksi kolagen di dalam tubuh sehingga kulit dapat kehilangan kekenyalannya.
Ketika kulit terpapar oleh sinar UV, kolagen dan elastin dalam tubuh yang terletak dalam lapisan dermis dan berperan sebagai jaringan penopang dapat terpecah dan rusak. Hal ini diakibatkan oleh sinar UVA yang mampu menembus hingga ke lapisan kulit terdalam. Akibatnya, kulit menjadi kendur dan muncul kerutan-kerutan halus. Itulah sebabnya dengan menggunakan sunscreen, kamu bisa melindungi kulitmu tetap sehat dan kenyal karena produksi kolagen yang tetap terjaga.
3.Mencegah Risiko Penuaan Dini
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa 80% faktor penuaan dini terjadi akibat paparan sinar UV dari matahari. Hal ini diikuti dengan tanda-tanda penuaan kulit seperti hiperpigmentasi, kelembapan yang berkurang, hingga rusaknya struktur kulit dan kerusakan fungsi sel dan stres oksidatif.
Penuaan dini yang disebabkan oleh sinar UVA disebabkan oleh peningkatan radikal bebas di lapisan epidermis dan dermis sejak paparan pertama. Dalam jangka panjang, radikal bebas yang berada di dalam kulit dapat merusak struktur produksi protein kolagen dan struktur DNA kulit sehingga kulit lebih cepat keriput. Dampaknya lebih lanjut adalah meningkatnya risiko kanker kulit akibat struktur DNA yang berubah.
Risiko penuaan dini dan kanker kulit inilah yang menjadikan sunscreen sebagai skincare yang wajib dimiliki oleh setiap orang mulai dari wanita ataupun pria serta anak-anak hingga remaja. Menggunakan sunscreen yang tepat ditemukan dapat mencegah hingga 98% dampak buruk dari sinar UV, termasuk penuaan dini dan risiko kanker kulit. Apalagi, iklim di Indonesia yang termasuk wilayah tropis dengan intensitas matahari serta indeks UV yang tinggi.
4.Mencegah Munculnya Komedo
Efek sinar UV yang dapat memicu produksi minyak berlebih pada wajah tidak hanya memicu tumbuhnya jerawat, namun juga komedo di area hidung. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, kulit menjadi terhindar dari risiko berjerawat dan tumbuhnya komedo akibat sinar UV.
5.Mencegah Kanker Kulit
Bila terlalu sering atau terlalu lama terpapar sinar matahari, bisa memberikan dampak buruk bagi kulit yang disebabkan karena radiasi UVB. Radiasi ini memungkinkan kamu terkena sunburn, yang merupakan tanda kerusakan DNA pada sel kulit. Bila DNA mengalami kerusakan berisiko menyebabkan kanker kulit. Nah, salah satu manfaat sunscreen adalah mencegah pengaruh buruk dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, risiko terkena kanker kulit ini bisa diminimalisir.
Semoga dengan mengetahui manfaat atau fungsi sunscreen di atas, kamu tidak lagi meninggalkan produk skincare yang satu ini ya. Dengan pemakaian yang rutin, tentu saja kamu akan mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah.