Merawat Kucing Hamil
Saat Anda memiliki seekor kucing betina, setidaknya kamu perlu mengetahui cara merawat ketika kucing hamil.
Jika Anda telah menerima kabar tentang kehamilan kucing peliharaan Anda, sebaiknya Anda harus segera bersiap-siap. Bersiap-siap dalam hal ini berupa perawatan harian selama kehamilan berlangsung, mempersiapkan kelahiran, dan sebagainya. Bagaimana pun, kucing yang Anda pelihara harus mendapatkan perawatan yang baik untuk menjaga kesehatannya dan calon anaknya. Umumnya, kehamilan kucing berlangsung sekitar 2 bulan atau 9 minggu. Saat hamil, kucing bisa mengandung setidaknya 1 hingga 10 anak kucing. Akan tetapi, untuk kucing yang baru pertama kali hamil biasanya mengandung 2 hingga 3 anak kucing. Berikut adalah tips merawat kucing yang sedang hamil:
1. Perhatikan asupan makanan
Selain kebersihan kandang, kamu juga perlu memberikan makanan kucing dengan nutrisi yang banyak. Dengan begitu, kucing akan merasa sehat dan makanan itu mampu menjaga anak kucing yang di dalamnya. Salah satu makanan yang bisa kamu berikan adalah Muezza. Makanan kucing itu memiliki kandungan kaya vitamin dan protein, Muezza bisa merawat bulu kucing dengan baik. Selain itu, Muezza halal dan memiliki beragam jenis rasa yang cocok untuk kucing peliharanmu. Mulai dari Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor.
2. Jauhkan dari kucing lain
Perubahan hormon yang terjadi pada kucing Anda menempatkan lebih banyak tekanan pada dirinya. Jadi, cara terbaik untuk menjaganya adalah memisahkannya dari kucing lain.
3. Kenali Kebiasaan Terbarunya
Sama seperti halnya manusia, kucing yang tengah hamil juga dapat mengalami morning sickness yang mana mereka akan mengalami muntah-muntah atau tidak enak badan. Mereka mungkin juga akan kehilangan nafsu makan di awal kehamilan. Anda tak perlu khawatir atau memaksa mereka harus makan. Namun, bila kucing muntah-muntah lebih sering, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter hewan. Kucing yang sedang hamil juga akan lebih banyak tidur daripada biasanya dalam sehari. Ini tidak masalah karena mereka memang butuh istirahat untuk menjaga kondisinya. Berikan kucing Anda tempat yang nyaman untuk beristirahat.
4. Berikan perhatian lebih
Sebagai pemilik kamu bisa memberikan perhatian lebih kepada sang kucing. Elus dan ajak hewan itu bermain. Tak ada salahnya ajak berinteraksi agar kucing merasa nyaman diperhatikan oleh pemiliknya.
5. Checkup rutin
Untuk memastikan kesehatan kucing Anda, bawalah dia ke dokter hewan untuk melakukan checkup rutin. Dengan begitu, Anda bisa tetap memantau kesehatannya dan memastikan bahwa janin di dalam kandungannya dalam keadaan sehat.
6. Hindari Memberi Sembarangan Obat
Sebaiknya hindari memberikan sembarangan obat pada kucing yang sedang hamil kecuali dalam keadaan darurat seperti sakit. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter ketika ingin memberikan obat pada kucing yang sedang hamil. Sedangkan untuk kucing cacingan, bisa diberikan obat herbal yang jauh lebih aman dibandingkan obat cacing yang bisa menyebabkan anak kucing terlahir cacat atau tanda keguguran pada kucing.
7. Berikan Minum Cukup
Selain selalu lapar, kucing yang sedang hamil juga akan sering haus. Pastikan anda selalu menyiapkan air bersih dan segar untuk minum namun sebaiknya berikan saja air matang untuk menghindari tanda kucing dehidrasi. Hindari memberikan susu sebab kucing hamil akan lebih sering muntah dan hinari juga jenis minuman lain seperti sirup, teh, kopi, coklat dan sebagainya.
8. Persiapan Kelahiran
Rasa nyaman dan aman sangat penting dalam proses melahirkan. Bawa kucing anda ke sebuah ruangan yang aman dan tidak terdapat unsur tajam atau bisa menyakitkan kucing. Berikan juga tempat bersarang yang nyaman sebagai tempat melahirkan dan menyusui anak anaknya. Jika kucing sudah memiliki selimut atau tempat tidur favoritnya, maka segera pindahkan ke ruangan yang lebih tenang dan sepi. Sarang bisa dibuat dari kardus besar yang dilapisi dengan kain. Namun jika kucing memilih untuk bersarang di luar, maka yang harus anda lakukan adalah membuat area tersebut sangat nyaman dibandingkan dengan memindahkan kucing anda.
Inilah 8 tips merawat kucing yang sedang hamil. Semoga bermanfaat!