Fakta Burung Blue Jay
Blue jay merupakan jenis burung pengicau asal Amerika yang punya warna bulu cerah menarik.
Memiliki nama ilmiah Cyanocitta cristata. Blue jay merupakan burung passerine dalam keluarga Corvidae asli Amerika Utara bagian timur. Ia hidup di sebagian besar Amerika Serikat bagian timur dan tengah. Beberapa populasi burung ini diketahui bermigrasi. Blue Jay ialah burung yang di kenal sebagai penghuni hutan dan sangat mudah beradaptasi serta cerdas di alam. Mereka dikenal mampu meniru panggilan elang, dan terkenal dengan panggilan “jay jay” nya. Yuk simak fakta menarik burung blue jay berikut ini!
1. Burung biru yang berisik
Hampir semua burung jay dikenal sangat berisik, burung blue jay tanpa terkecuali. Sebagai salah satu anggota keluarga burung gagak, mereka punya suara teriakan yang khas. Selain jago berkicau, blue jay juga ahli meniru suara hewan lain. Mereka paling sering meniru suara burung hawk. Menurut laman All About Birds, biasanya mereka melakukan ini untuk memperingatkan burung jay lain akan adanya burung pemangsa tersebut.
2. Warna bulu blue jay aslinya cokelat
Seperti yang sudah kamu ketahui, biru adalah warna yang paling langka di alam. Pada kasus burung blue jay, warna biru ini datangnya dari melanin. Bukannya melanin pigmen yang
memberi warna cokelat pada kulit, mata, dan rambut? Yap, kuncinya ada pada bulu blue jay. Laman Canadian Geographic mengungkapkan kalau burung blue jay punya struktur yang begitu unik pada bulunya. Struktur ini memungkinkan bulu blue jay mendistorsi cahaya yang terpantul, sehingga membuatnya terlihat biru ketimbang cokelat.
3. Blue jay tertua hidup hingga usia 26 tahun
Burung blue jay rata-rata hidup sampai usia 7 tahun. Namun ada seekor burung blue jay yang hidup melampaui batas umur tersebut. Blue jay tertua yang hidup di alam liar diperkirakan berusia 26 tahun 11 bulan, ditemukan mati akibat terperangkap perlengkapan memancing. Dilansir All About Birds, burung ini telah ditandai di daerah Newfoundland dan Labrador Provinsi Kanada pada tahun 1989. Di wilayah ini pula, ia ditemukan mati pada tahun 2016.
4. Memiliki simbolis bagi kepercayaan penduduk
Simbolisme burung blue jay adalah semangat, kecerdasan, dan kejelasan. Mereka di kenal sebagai penyanyi yang suka bernyanyi di waktu luang mereka dan kreativitas mereka juga terkenal. Burung-burung ini sering di gunakan sebagai totem, tetapi tidak memiliki simbolisme seperti burung Dunia Lama karena mereka berasal dari belahan bumi utara. Namun, di suku Sioux, Chinooks, dan Coast Salish, burung ini telah menemukan memiliki banyak mitos dan cerita.
5. Suka menggosokkan semut ke bulunya
Burung blue jay suka menggosok-gosokkan semut ke bulunya. Beberapa teori menjelaskan perilaku ini. Satu teori yang dilansir laman Nature Canada mengungkapkan kalau burung blue jay berusaha menghilangkan cairan asam yang dikeluarkan semut dengan cara digosok-gosokkan ke bulunya, sebelum dimakan karena rasanya lebih enak. Teori ini sempat dites. Hasilnya blue jay langsung memakan semut tanpa cairan asam terlebih dulu, sebelum menggosok semut lain yang kemudian dilahapnya.
6. Salah satu burung cerdas dan penuh rasa ingin tahu
Sebagai salah satu anggota keluarga gagak, blue jay juga tergolong cerdas dan penuh rasa ingin tahu. Laman Animalia mengungkapkan perilaku blue jay muda yang sering mengambil barang-barang menarik, seperti tutup botol atau potongan aluminium foil. Barang-barang ini akan dibawa sampai mereka kehilangan ketertarikan. Di penangkaran, blue jay juga diamati memanfaatkan potongan kertas koran untuk mengambil makanan lebih mudah.
7. Populasi yang semakin menurun
Sekitar 13 juta blue jay diketahui ada di dunia. Namun, populasi blue jay telah menurun sekitar 28% antara tahun 1960-an hingga 2016 menurut UICN. Sekitar 87% populasi blue jay diketahui tinggal di AS sementara 13% diketahui tinggal di Kanada.
8. Mempunyai perilaku agresif dan suka bersosialiasi
Dari segi perilaku, ia di kenal sebagai makhluk yang agresif dan merupakan burung teritorial. Burung-burung ini tidak segan-segan menyerang penyusup atau predator yang mungkin mereka rasakan adanya bahaya. Meskipun mereka agresif, mereka sosial dan biasanya ada dalam kelompok.
Itulah 8 fakta menarik burung blue jay. Semoga bermanfaat!