Pegunungan Huangshan UNESCO
Huangshan atau Gunung Huang adalah sebuah pegunungan di Provinsi Anhui selatan.
Secara geografis, Pegunungan Huangshan terletak di Provinsi Sichuan, dekat Juuzaigou dan Songpan. Puncak paling terkenal di Huangshan adalah Puncak Bunga Teratai, dengan ketinggian 1.873 meter. Pegunungan Huangshan memiliki sejarah geologis yang panjang, diperkirakan sudah terbentuk sejak 100 juta tahun yang lalu hingga periode Mesozoic. Periode pembentukan itu menghasilkan puncak-puncak pilar batu granit yang tak terhitung banyaknya, dengan 77 puncak di atas ketinggian 1000 meter. Dataran Huangshan terbentuk ketika lautan purba Yangtse mengalami masa surut akibat gerakan kerak bumi serta proses pengangkatan daratan yang terjadi pada masa setelahnya. Sisa-sisa erosi zaman Glasial di Huangshan dapat dijumpai pada wilayah lembah dan batu-batu besar yang terlihat mengalami pengikisan akibat aliran air yang terjadi secara terus-menerus. Bentukan alamiah paling khas dari Pegunungan Huangshan adalah hutan pilar batu yang jumlahnya sangat banyak.
Selain itu juga terdapat batu-batu berbentuk aneh, sejumlah air terjun dan danau, serta sumber air panas, yang memperlihatkan perjalanan waktu yang begitu panjang. Struktur batuan tertua di sana diwarnai dengan endapat batuan sedimen dan metamorfik dari Lautan Yangtse, sekitar 570 juta tahun yang lalu pada masa Protezonik. Batuan-batuan tersebut tersingkap ke atas permukaan tanah di sebelah selatan kaki Pegunungan Huangshan, dan dekat patahan Xiaoyaoxi.
Huangshan berlokasi di iklim subtropis monsoon. Karena ketinggian gunung dan kedalaman lembahnya, suhunya sangat dingin. Karena lereng utara dan selatan sangat berbeda dalam penerimaan sinar matahari, wilayah datarannya sangat berpengaruh bagi cuaca, yang berkabut, basah dan bercurah hujan tinggi. Puncak utamanya, puncak Teratai, tingginya 1864,8 m dari permukaan laut. Ada enam spot pemandangan yang luar biasa indah, yakni Mata Air Panas, Lembah Awan, Lembah Pinus, Laut Utara, Layar Giok, serta Jembatan Pancing.
Huangshan terkenal akan panorama matahari terbitnya, pepohonan pinus, “puncak granit menonjol aneh”, mata air panas, salju musim dingin, dan pemandangan awan menyentuh pegunungan selama lebih dari 200 hari dalam setahun.
Pegunungan Huangshan memiliki banyak puncak, beberapa di antaranya mencapai ketinggian lebih dari 1.000 meter (3.250 kaki). Tiga puncak tertinggi dan terkenal adalah Puncak Lotus (Lian Hua Feng, 1.864 m), Puncak Terang (Guang Ming Ding, 1840 m), dan Puncak Celestial (Tian Du Feng, harfiah Puncak Ibu Kota Surga, 1.829 m). Situs Warisan Dunia UNESCO mencakup area inti dengan luas 154 kilometer persegi dan zona penyangga 142 kilometer persegi. Gunung-gunungnya terbentuk pada masa Mesozoikum, sekitar 100 juta tahun yang lalu, ketika sebuah laut kuno menghilang karena terangkat. Kemudian, pada masa Periode Quarter, lanskapnya terbentuk dengan pengaruh gletser.
Demikianlah informasi mengenai pegunungan huangshan. Semoga bermanfaat!