Jenis Burung Termahal
Bagi sebagian orang, merawat dan memelihara burung adalah sebuah hobi yang sangat menyenangkan.
Burung merupakan salah satu kelompok hewan yang memiliki banyak variasi. Beberapa masyarakat menjadikan burung sebagai hewan peliharaan. Selain itu, ada beberapa burung termahal di dunia dari berbagai negara. Namun, tahukah Anda jenis-jenis burung termahal di dunia? Simak informasinya!
1. Elang Golden
Elang golden merupakan jenis elang yang berasal dari Republik Ceko dan termasuk dalam jenis elang terbesar di dunia. Di Indonesia, ada salah satu warga di Semarang yang memiliki burung ini. Elang ini biasa digunakan oleh warga Ceko untuk berburu. Kini, elang hasil ternak yang mempunyai berat hingga 9 kilogram dipatok seharga Rp 300 juta.
2. Burung Biru Gunung
Burung Biru Gunung menjadi ikon perusahaan taksi Bluebird. Burung Biru Gunung sangat cantik dengan warna biru menyala. Ukurannya mungil, dan cukup mudah dipelihara.
3. Burung Merpati Balap
Siapa sangka, pemuncak daftar burung paling mahal di dunia jatuh pada merpati balap atau yang banyak kalangan dunia kenal sebagai racing pigeon. Walaupun bentuknya terkesan biasa saja, namun merpati balap memiliki kalangan penggemar tersendiri yang rela menggelontorkan banyak uang untuk memiliki burung jawara. Seperti burung merpati balap bernama Armando, yang terjual hingga 1,4 juta dolar AS atau sekitar 20,4 miliaran rupiah oleh pembeli asal Tiongkok pada Maret 2019 lalu.
4. Burung Makaw Hyacinth
Ada pula jenis paruh bengkok lain, yakni burung Makaw Hyacinth atau yang punya nama Latin Anodorhynchus hyacinthinus yang termasuk ke dalam jajaran burung kicau termahal di dunia. Burung dengan habitat di hutan hujan Amerika Selatan ini memiliki ciri khas bulu berwarna biru indigo dengan corak kuning yang ada disekitar mata dan pangkal paruhnya. Harga burung Makaw Hyacinth bervariasi, di mana termahal bisa dibanderol hingga 204 jutaan rupiah. Sayangnya menurut data BirdLife.org, Makaw Hyacinth tergolong ke dalam spesies rentan kepunahan dengan populasi yang kini hanya berkisar empat ribuan di alam liar.
5. Toucan
Toucan adalah jenis burung yang mahal karena kombinasi warna bulu dan sayapnya. Warna hitam, ungu, kuning, oranye, hijau dan biru menjadi campuran warna yang mempercantik burung ini. Burung ini terkenal di Meksiko Selatan, Amerika Selatan, dan Karibia. Di seluruh dunia terdapat kira-kira sebanyak 40 spesies burung ini yang tersebar di berbagai negara. Toucan dihargai cukup mahal, yaitu mencapai kisaran harga Rp 70 juta.
6. Burung Flamingo
Burung Flamingo merupakan spesies burung berkaki panjang yang hidup berkelompok. Meski ada beberapa negara yang memperbolehkan memelihara, tapi IUCN menjelaskan bahwa burung ini termasuk dalam daftar terancam punah.Jumlah populasi Burung Flamingo terus menurun dalam tiga generasi terakhir. Burung berwarna salem ini ada di Amerika, Asia, hingga Kepulauan Karibia.
7. Scarlet Tanager
Burung scarlet tanager ini berasal dari Amerika Utara bagian timur. Burung ini dapat dengan mudah ditemukan di areal hutan yang luas dengan pepohonan oak. Scarlet tanager tergolong dalam binatang yang lumayan cerdas. Selain itu, yang membuatnya memiliki harga lumayan mahal adalah karena warna corak tubuhnya khas merah dan memiliki sayap berwarna hitam. Padahal, warna kulitnya cenderung ke arah kuning. Burung ini memiliki lengkingan suara yang indah. Kecantikan dan keindahan burung inilah yang menjadikan scarlet tanager dibanderol harga sebesar 12,5 juta rupiah.
8. Oriole Baltimore
Burung oriole baltimore dikenal dengan kemampuannya bernyanyi yang indah. Burung ini juga kerap diikutkan pada lomba burung berkicau. Burung ini suka bermigrasi dari habibat aslinya di belahan bumi utara ke tempat yang jauh dari tempat tinggal asli, lalu beranjak ke utara lagi untuk melakukan reproduksi. Burung ini dihargai sebesar Rp 12 juta.
9. Burung Goldfinch Amerika
Jenis burung kicau termahal di dunia yang terakhir adalah American Goldfinch (Carduelis tristis). Burung asli amerika ini hanya memiliki panjang tubuh 11-14 cm dan bobot sekitar 11-20 gram. Corak bulunya yang berwarna kuning cerah dengan variasi warna hitam pada bagian kepala dan sayapnya membuat ras burung import ini banyak diminati oleh para kicau mania. Meskipun berukuran kecil, kamu perlu merogoh kocek sebesar 10,7 jutaan rupiah untuk mendapatkan seekor American Goldfinch.
Itulah beberapa jenis burung termahal. Semoga bermanfaat!