Keindahan Hydrangea
Hydrangea adalah tumbuhan dari genus Hydrangea dalam keluarga saxifrage.
Batangnya seringkali mempunyai banyak cabang di bagian pangkalnya dan memiliki cabang berbentuk silindris.
Bunganya memiliki warna merah muda, biru muda, atau putih, dan masa berbunga berlangsung dari bulan Juni hingga Agustus. Hydrangea memiliki bunga yang besar, indah, dan montok, sering digunakan sebagai tanaman hias pot yang populer.
Pada awal abad ke-20, taman-taman dibangun dengan menanam bunga hydrangea sebagai bagian dari lanskap. Tanaman ini berasal dari Jepang dan Sichuan, Cina, dan diperkenalkan ke Inggris pada tahun 1736. Budidaya hydrangea umum di Belanda, Jerman, dan Prancis, dengan beragam varietas warna seperti merah, biru, ungu, dan lainnya.
Terdapat juga berbagai jenis hydrangea lainnya, dengan sekitar 70-75 varietas yang berbeda. Beberapa varietas populer di antaranya:
1. Hydrangea berdaun besar
Dikenal juga dengan nama French hydrangea, jenis hydrangea ini berasal dari Jepang dan merupakan salah satu jenis hydrangea yang paling umum.
2. Rotan Hydrangea
Dikenal juga dengan nama Japanese hydrangea atau creeping hydrangea, jenis hydrangea ini terlihat cantik pada rumah dan lingkungan. Ia dapat tumbuh di semua jenis sinar matahari dan tahan terhadap berbagai iklim.
3. Hydrangea liar
Hydrangea liar adalah salah satu spesies hydrangea paling terkenal karena bunganya yang besar dan mencolok. Meskipun ini bukan ras resmi yang bisa berubah warna, bunganya biasanya dapat berubah warna dari hijau muda beralih ke putih krem.
Selain itu, warna hydrangea yang berbeda memiliki makna simbolis yang berbeda pula.
1. Hydrangea merah muda : emosi yang benar dan menyentuh hati.
2. Hydrangea biru : ketidakpedulian atau sebagai permintaan maaf.
3. Hydrangea putih : membanggakan.
4. Hydrangea ungu : keinginan untuk mengenal seseorang secara mendalam.
Arti hydrangea juga bervariasi di seluruh dunia, seperti di Jepang melambangkan cinta dan perhatian, di era Victoria melambangkan kesombongan atau penolakan cinta, dan di Amerika Utara menjadi bunga simbol ulang tahun pernikahan keempat serta melambangkan penghargaan dan kasih sayang tulus. Secara umum, bahasa bunga hydrangea adalah "reuni dan kebahagiaan," mencerminkan penampilannya yang bulat dan indah seperti keluarga bahagia.