Merawat Rambut Bergelombang
Rambut bergelombang merupakan jenis rambut yang sangat indah. Gaya rambut ini dapat membantu menunjang penampilan, kasual, anggun hingga berkelas. Dibanding dengan rambut lurus, jenis rambut bergelombang memang cukup sulit diatur.
Namun dengan merawat rambut yang bergelombang dengan cara benar, maka rambut akan selalu indah dan lebih mudah diatur. Simak tips merawat rambut bergelombang mulai dari mencuci dan menggunakan berbagai produk perawatan rambut yang tepat.
1.Gunakan sampo dan kondisioner yang sesuai
Gunakan produk shampo dan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut bergelombang. Pilihlah sampo yang mengandung bahan untuk menutrisi dan menambah volume rambut bergelombang. Gunakan takaran shampo yang benar dan aplikasikan pada kulit kepala.
Selanjutnya, kondisioner berfungsi untuk memberikan kelembapan dan membuat rambut terasa lembut. Pastikan kandungan dalam conditioner berbahan dasar organik dan sesuai dengan kebutuhan rambut.
Anda bisa menggunakan konditioner yang dibuat untuk tipe rambut keriting. Gunakan setelah keramas dan oleskan dari bagian tengah hingga ke ujung rambut.
2.Gunakan vitamin rambut
Gunakan produk vitamin rambut yang sesuai dengan fungsinya baik untuk mengatasi rambut rontok, melembutkan, atau mengatasi rambut lepek dan bau.
Selain memakai sampo dan kondisioner, vitamin rambut dikenal lebih efektif melembapkan dan menutrisi setiap helai rambut dengan kandungan vitamin A, E, mineral, dan biotin di dalamnya. Lakukan penggunaan secara rutin untuk menguatkan akar rambut dan menyehatkan kulit kepala.
3.Rajin Gunakan Masker Rambut
Rajin merawat dengan memanfaatkan masker rambut, bukan hanya dapat mengatasi rambut mengembang, tapi juga bisa mengatasi masalah rambut lainnya, seperti rambut patah dan bercambang.
Jika kamu rajin menerapkannya, hal ini akan memberikan nutrisi hingga ke akar rambut. Dan membuat rambut jadi lebih halus dan sehat.
4.Kurangi Mencatok Rambut
Jika cara kamu untuk mengurangi volume pada rambut dengan mencatoknya hal ini justru akan membuat rambutmu semakin rusak. Dengan menggunakan catokan atau jenis lainnya akan membuat rambutmu kering.
Hal itu terjadi karena suhu panas yang dihasilkan oleh catokan. Untuk itu, sebaiknya kamu jangan terlalu sering untuk menggunakan alat ini.
5.Biarkan Rambut Kering secara Alami
Hindari penggunaan alat pengering rambut sebisa mungkin. Biarkan rambut bergelombang mengering secara alami. Panas berlebihan yang dihasilkan dari alat pengering rambut akan menyebabkan kerusakan rambut. Jika kamu tetap harus menggunakan pengering rambut, terlebih dahulu oleskan produk pelindung panas dan lakukan pengaturan panas rendah.
6.Jangan Sering Menyisir Rambut
Jika digunakan sembarangan, sisir dapat merusak rambut dan mengacaukan bentuk rambut bergelombang. Kamu bisa gunakan sisir bergigi lebar untuk meluruskan rambut yang kusut. Mulai sisir rambut dari bagian ujung rambut ke tengah. Pastikan sisir rambut dengan lembut agar tidak mengalami kerontokan.
Itulah beberapa cara terbaik merawat rambut bergelombang agar sehat dan mudah ditata. Langkah utama merawat rambut yang tidak boleh ditinggalkan adalah membersihkan rambut dari kotoran dengan melakukan perawatan rambut yang tepat. Gunakan produk perawatan rambut yang tepat dan tidak asal memilihnya. Semoga bermanfaat!