Khasiat Buah Srikaya
Manfaat srikaya untuk kesehatan sangatlah beragam. Beberapa jenis zat dan nutrisi yang terkandung pada buah, daun, biji, dan batang tanaman srikaya diyakini memiliki efek baik untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit.
Srikaya adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Ekstrak alami dari buah, daun, dan kulitnya banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari industri makanan, kosmetik, hingga pengobatan herba.
Kandungan Nutrisi pada Srikaya
Buah srikaya yang memiliki cita rasa manis sering kali dikonsumsi secara langsung, tetapi juga bisa dijadikan jus buah. Dalam sebuah srikaya terkandung sekitar 60–100 kalori dan beragam nutrisi penting, antara lain:
Karbohidrat
Protein
Serat
Vitamin, terutama vitamin C dan vitamim B
Mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, fosfor, dan zat besi
Selain nutrisi-nutrisi di atas, buah srikaya juga mengandung antioksidan yang melimpah, seperti polifenol.
Berbagai Manfaat Srikaya bagi Kesehatan Tubuh
Karena memiliki banyak nutrisi, srikaya dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, di antaranya:
1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Srikaya merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi serat secara rutin, tubuh akan terhindar dari berbagai jenis masalah pencernaan, termasuk diare.
Selain itu, kandungan antioksidan dan karbohidrat kompleks pada srikaya juga menjadikan buah ini bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.
2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Karena mengandung antioksidan polifenol dan vitamin C yang cukup banyak, buah srikaya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh juga akan lebih kuat melawan infeksi, sehingga tidak mudah jatuh sakit.
3. Mencegah penyakit kardiovaskular
Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.
Manfaat srikaya untuk mencegah penyakit kardiovaskular adalah dengan mencegah hipertensi. Efek ini diduga berkat kandungan kalium, magnesium, antioksidan, serta serat di dalam buah srikaya.
4. Menjaga gula darah agar tetap stabil
Buah srikaya memiliki nilai indeks glikemik sedang. Artinya, manfaat srikaya bisa untuk mencegah peningkatan kadar gula darah.
Beberapa studi juga menunjukkan bahwa ekstrak daun srikaya mampu menjaga kestabilan kadar gula darah dan menurunkan dosis penggunaan insulin. Oleh sebab itu, buah srikaya baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.
5. Membasmi kutu rambut dan ketombe
Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak biji srikaya yang dioleskan bersamaan dengan minyak kelapa ampuh untuk mengobati kutu rambut dan ketombe.
Namun, penggunaannya harus hati-hati dan jangan sampai terkena mata karena bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan mata, seperti keratitis.