Jenis-jenis Rusa
Bisa dikatakan jika rusa termasuk salah satu hewan yang cukup populer dan banyak dikenal oleh beragam kalangan masyarakat,sekilas mirip hewan kijang.
Hal ini dikarenakan adanya sebutan bahwa rusa adalah hewan yang anggun karena memiliki tanduk yang sangat indah. Oleh karenanya, hewn yang satu ini pun secara resmi dijadikan peliharaan oleh pemerintah Indonesia di Istana Bogor.
Pada dasarnya, rusa termasuk hewan yang cukup mudah ditemukan di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Hanya saja, rusa di beberapa negara tentu memiliki ciri khusus yang berbeda-beda sesuai dengan lingkungan hidup tempat ia bernaung.
Jika di total, ada sekitar 100 jenis rusa yang tersebar di dunia. Jumlah ini tentu saja sangat banyak dan menjadikan rusa sebagai hewan dengan variasi yang begitu menarik.
Nah, kali ini akan dibahas tentang beragam jenis hewan rusa yang cukup populer di dunia serta beberapa fakta menarik tentang hewan satu ini. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!
Rusa ekor putih
Salah satu jenis rusa yang paling populer adalah rusa ekor putih. Seperti namanya, jenis rusa ini memiliki ekor putih yang cukup unik yang tidak terlalu panjang. Selain itu, ada pula beberapa patch putih yang ada di sekitar ekornya yang tidak ditemukan pada jenis rusa lainnya.
Rusa merah
Rusa merah adalah jenis rusa yang begitu mempesona karena memiliki mantel cantik. Sesuai dengan namanya, mantel cantik tersebut memiliki warna merah yang memukau.
Pada jenis lainnya, warna mantel terkadang berwarna cokelat menyerupai warna kulit rusa. Mantel tersebut menjadi pelindung rusa dari hawa dingin yang merasuk.
Rusa Amerika Utara
Sesuai namanya, rusa Amerika Utara mendiami beberapa wilayah bagian Amerika Utara untuk hidup dan berkembang. Nah, apa yang menarik dari jenis rusa ini adalah ukurannya yang besar.
Ya, dibandingkan dengan jenis lainnya, rusa Amerika Utara memiliki ukuran yang paling besar dengan berat yang bisa mencapai 1800 pound untuk rusa jantan.
Sika deer
Sika deer adalah jenis spesies rusa yang bisa dikatakan sangat menarik. Spesies rusa ini memiliki postur tubuh yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan rusa pada umumnya.
Hal ini dikarenakan Sika deer memiliki kaki serta kepala yang relatif kecil. Namun, rusa ini memiliki bulu ekor yang lebih indah dibandingkan rusa lain.
Nah, beberapa jenis rusa di atas adalah spesies rusa yang hidup dan tersebar di beberapa belahan dunia. Tentu, selain ketujuh spesies rusa tersebut, masih ada cukup banyak spesies rusa lainnya yang hidup di lingkungan yang berbeda.