Fakta Tentang Kucing
Kucing merupakan salah satu peliharaan favorit para pecinta hewan. Hal tersebut tidak mengherankan karena binatang berbulu ini memiliki paras lucu nan menggemaskan.
Selain memiliki tingkah yang menggemaskan, kucing merupakan mamalia yang kerap menjadi hewan peliharaan banyak keluarga di dunia. Hewan peliharaan seperti kucing memang bisa membuat hari-hari kamu penuh warna.
Bahkan beberapa orang meyakini kucing merupakan salah satu hewan yang dapat meredakan stres ataupun mengurangi ketegangan sehabis melakukan pekerjaan, lho! Jika diperhatikan, kucing cenderung suka bermalas-malasan seperti halnya kaum rebahan yang menganut gaya hidup pasif.
Uniknya, fakta tersebut malah membuatnya semakin menarik untuk dipelihara. Hewan berkaki empat dengan suara khas meow ini dikenal akan kesetiaan dan kecerdasannya. Kucing merupakan hewan karnivora predator yang berukuran kecil dengan nama latin Felis silvestris catus.
Inilah beberapa fakta tentang kucing yang mungkin belum kamu ketahui.
1. Kucing peliharaan tertua yang diketahui ada 9.500 tahun yang lalu
Fakta menarik tentang kucing ini dijamin akan membuatmu kagum. Tahukah kamu bahwa orang Mesir awalnya mengira kucing itu jinak? Namun pada tahun 2004, arkeolog Prancis menemukan kuburan kucing berusia 9.500 tahun di Siprus. Ini menjadikan kucing tersebut peliharaan tertua yang diketahui, dan itu mendahului seni Mesir tentang kucing lebih dari 4.000 tahun.
2. Tidak Bisa Merasakan Manis
Ternyata kucing merupakan hewan mamalia yang tidak bisa mengenali rasa manis. Padahal setiap mamalia memiliki gen yang bisa menerima rasa manis, lho.
Biasanya hewan mamalia memiliki reseptor di ujung sel perasa bernama T1R2 dan T1R3 untuk merasakan manis. Namun, sel perasa tersebut tidak berfungsi dengan baik pada kucing. Nah, itulah alasan mengapa kucing sebagai hewan mamalia tidak bisa merasakan manis.
3. Kucing Menghabiskan Waktunya untuk Tidur
Rata-rata kucing menghabiskan dua pertiga dari hidupnya untuk tidur, lho.
Jadi, seekor kucing berumur 9 tahun hanya menghabiskan 3 tahun hidupnya hanya untuk bangun, makan, dan bermain.
4. Seekor kucing menjadi walikota sebuah kota di Alaska selama 20 tahun
Seekor kucing oranye bernama Stubbs adalah walikota Talkeetna, sebuah kota kecil di Alaska selama 20 tahun. Dia memiliki beberapa pemilihan yang tidak terbantahkan dan meskipun dia tidak memegang kekuasaan legislatif, dia dicintai oleh penduduk lokal dan turis.
5. Isaac Newton menemukan pintu kucing
Ilmuwan paling terkenal dengan gravitasi yang dihitung, tetapi juga diyakini bahwa Isaac Newton menemukan pintu kucing. How Stuff Works menulis bahwa ketika Newton mengerjakan eksperimennya di Universitas Cambridge, dia terus-menerus diganggu oleh kucing-kucingnya yang menggaruk pintu. Jadi dia memanggil tukang kayu Cambridge untuk melihat dua lubang di pintu, satu untuk induk kucing dan satu untuk anak kucingnya. Rupanya lubang tersebut masih bisa dilihat di universitas tersebut hingga saat ini.
6. Kucing Bisa Menemukan Jalan Pulang Sendiri
Banyak sekali kucing yang bisa menemukan jalan pulang meskipun jaraknya jauh, lho.
Menurut para ahli, kucing bisa memahami di mana mereka berada dari sudut sinar matahari dan juga sel-sel magnetik di otak mereka yang bekerja seperti kompas.
7. Peka Terhadap Getaran
Kucing termasuk hewan yang peka terhadap getaran, lho. Mereka bisa merasakan gempa bumi 10-15 menit sebelum manusia.
Karena itulah kucing termasuk dalam daftar hewan yang bisa mendeteksi gempa.
8. Memiliki Gen 95,6% Sama dengan Harimau
Kucing yang senang mengendus, mengintai, dan menerkam mangsanya ternyata memiliki gen 95,6% dengan harimau. Hal tersebut membuat perilaku kucing kurang lebih sama dengan harimau.
9. Dapat Merasakan Emosi Manusia
Kalian pernah dihampiri kucing saat sedih? Percaya atau tidak, kucing dewasa dapat merasakan emosi manusia terlebih pemiliknya. Binatang berbulu yang satu ini dapat memahami emosi manusia, seperti sedih, senang, dan marah.
Biasanya kucing akan menghampiri dan berusaha menghiburmu saat sedih. Bahkan, beberapa kucing peliharaan akan berperilaku seperti bodyguard untuk melindungi kamu. Tak heran jika kamu menemui kisah unik dan mengharukan yang terjalin antara kucing dengan manusia.
10. Memiliki Kemampuan Night Vision
Meski dijuluki sebagai hewan pemalas, ternyata kucing mampu melihat secara baik dalam kondisi kurang cahaya. Kucing sebagai salah satu hewan peliharaan favorit memiliki kemampuan spesial dalam penglihatan, yakni night vision. Kucing memiliki organ bernama Tapetum lucidum yang dapat memantulkan cahaya untuk membantunya memperoleh penglihatan dalam kondisi kurang cahaya.
11. Kumis Kucing adalah Alat Navigasi
Selain mengandalkan night vision, kucing juga memakai kumisnya sebagai alat bantu navigasi saat di area gelap atau kurang cahaya. Dalam keadaan yang cukup gelap dan sempit, kucing dapat menangkap mangsanya dengan cekatan, lho.
Kucing memanfaatkan kumisnya sebagai sensor untuk melakukan manuver. Kucing memiliki penglihatan yang buruk di siang hari. Nah, kumis tersebut dapat digunakan sebagai sensor untuk mengukur jarak atau gerakan di siang hari. Sebagai sensor atau alat navigasi, kumis kucing tidak boleh dipotong ataupun dicabut.
12. Mampu Melompat Sejauh 6 Kali Panjang Badan
Ternyata kucing dalam keadaan sehat mampu melompat sejauh 6 kali lipat panjang badannya. Misalnya, panjang kucing peliharaanmu ialah 65 centimeter. Nah, itu berarti ia bisa melompat sejauh 390 centimeter.
Lompatan tersebut kerap ia gunakan saat berburu mengejar burung, kupu-kupu, maupun capung untuk mengikuti instingnya. Kemudian saat di dalam rumah, kalian perlu memberikan fasilitas pada kucing untuk mengekspresikan diri. Sebagai pemilik kucing, kamu bisa melatih kelincahannya dengan menyediakan waktu dan ruang.