Merawat Kucing Bagi Pemula
Meski kucing adalah hewan yang mudah dipelihara, cara merawat kucing masih membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan uang.
Memiliki hewan peliharaan bisa dikatakan susah-susah gampang dalam perawatannya. Apalagi bagi pemula, banyak hal yang perlu diketahui untuk memastikan hewan peliharaannya dalam kondisi sehat. Mengadopsi kucing adalah hal menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah. Sebelum memutuskan mengadopsi kucing, penting mengetahui cara merawat kucing yang baik. Cara merawat kucing yang benar meliputi memenuhi kebutuhannya, menjaga kesehatan, hingga memilih makanan yang tepat. Cara merawat kucing juga memerlukan kesabaran dan ketelatenan.
Berikut cara merawat kucing bagi pemula:
1. Menyediakan air segar untuk minum
Kamu juga harus menyediakan air bersih dan segar untuk minum kucing. Pastikan untuk mencuci dan mengisi ulang wadah minum kucing setiap hari agar terhindar dari kontaminasi kuman. Jika kucing tidak mau minum dari mangkuk, kamu bisa mencoba memberinya gelas yang tinggi karena sebagian kucing tidak suka membungkuk untuk minum. Tips merawat kucing ini tak kalah penting untuk dilakukan.
2. Pastikan memiliki kotak pasir
Kucing membutuhkan kotak pasir sebagai toilet. Pastikan menempatkannya pada lokasi yang tenang dan mudah dijangkau. Hindari memindah-mindahkan kotak, kecuali jika benar-benar diperlukan. Kucing enggan menggunakan kotak pasir yang kotor dan bau. Jadi, buanglah kotoran dari kotak pasir tersebut setidaknya sekali sehari. Selain itu, dalam merawat kucing rumah, cucilah kotak kotoran menggunakan deterjen, dan isi ulang pasir sekitar seminggu sekali agar kebersihannya terjaga. Perhatikan perubahan kebiasaan buang air kecil pada kucing. Sebab, bisa jadi kucing mengalami infeksi saluran kemih atau masalah medis lainnya.
3. Lakukan medical check up pertama
Tujuan medical check up untuk mengetahui kesehatan kucing secara umum dan mencegah penularan penyakit zoonosis (penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya)
4. Siapkan ruang aman
"Ruang Aman" tidak harus berupa ruangan terpisah tetapi bisa berupa lemari kosong, sudut kamar tidur dengan tirai pelindung, atau kamar mandi yang jarang digunakan. Ruang aman ini adalah tempat yang bisa disebut "rumah", di mana ia bisa menyendiri dan beristirahat. Ruang aman biasanya dicari kucing yang baru masuk ke sebuah rumah.
5. Pilihan makanan
Makanan kucing di awal kehidupannya akan menentukan kecepatan untuk kesehatan dan kesejahteraannya seumur hidup. Lakukan riset tentang makanan dan pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kucing. Kamu harus meninjau selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan ke depan untuk mengetahui kecocokan makanan. Air bersih dan segar juga sangat penting untuk kesehatan kucing. Pastikan kucing mendapat cukup hidrasi.
6. Pahami perilaku dasar kucing
Sebagai pemilik kucing baru, kamu harus memahami bahwa kucing adalah makhluk individualistis dengan naluri yang kuat. Kucing memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan gaya hidup. Kamu juga pastinya perlu beradaptasi dengan kepribadian dan perilaku unik mereka.
7. Grooming
Tidak perlu memandikan kucing secara teratur. Ketika bulu kucing mulai berbau, kamu dapat memandikannya dengan air suhu biasa. Air panas dapat merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing. Sikat bulu kucing secara rutin. Hal ini dapat menghilangkan rambut mati, kuman dan bakteri pada bulu.
8. Ajarkan kebiasaan sehari-hari
Salah satu cara merawat kucing untuk pemula yang penting diketahui adalah mengajarkannya kebiasaan sehari-hari. Kamu bisa mulai mengajarkan beberapa kebiasaan baik pada kucing seperti pergi ke toilet, makan, dan tempat tidur.
9. Melatih kucing menggaruk tiang garukan
Umumnya, kucing suka mencakar sofa atau karpet. Hal ini bisa membuat barang-barang tersebut rusak. Oleh sebab itu, kamu harus melatihnya menggaruk scratching post atau tiang garukan. Selain mencegah kerusakan, hal ini juga dapat membantu kucing meregangkan otot-otot dan menjaga cakarnya dalam kondisi prima
10. Vaksinasi
Vaksinasi wajib dilakukan secara rutin untuk menghindari virus dan penyakit. Untuk itu, segera berkonsultasilah dengan dokter hewan.
Nah itulah beberapa tips merawat kucing bagi pemula. Semoga bermanfaat!