Keunikan Burung Kolibri
Burung kolibri, dengan kecantikan dan keunikan mereka, telah memikat hati banyak orang di seluruh dunia.
Meskipun ukurannya kecil, mereka menyimpan pesona yang luar biasa dan memiliki sejumlah fakta menarik yang membuat mereka menjadi subjek kagum bagi para pengamat alam.
Burung kolibri adalah salah satu dari sedikit spesies burung yang mampu terbang mundur. Saat terbang, kolibri tidak hanya bisa terbang naik dan turun, tetapi juga ke kiri dan kanan, serta mundur, dan bahkan bisa mengambang di satu posisi untuk waktu yang lama.
Mari kita telusuri lebih jauh tentang kehidupan dan keistimewaan burung kolibri ini.
Kolibri adalah spesies burung yang unik untuk Amerika. Panjang tubuh dewasanya hanya sekitar 5 sentimeter dan beratnya sekitar 1,8 gram. Bahkan kolibri terbesar, kolibri raksasa Amerika Selatan, hanya sekitar 20 cm panjangnya dan beratnya sekitar 20 gram. Meskipun kecil ukurannya, kolibri memiliki tiga karakteristik unggulan dibandingkan dengan burung lainnya: tingkat metabolisme tercepat dari semua burung, kecepatan terbang super cepat, dan keterampilan terbang yang sangat baik.
Menurut ahli ornitologi, kolibri mampu mencapai detak jantung 1.000 denyut per menit saat terbang, tingkat yang sudah sama dengan batas untuk kelelawar. Detak jantung yang begitu cepat ini menentukan bahwa tingkat metabolismenya tidak akan rendah. Oleh karena itu, untuk memenuhi konsumsi energi tubuh, kolibri harus makan makanan yang lebih besar dari berat tubuh mereka sendiri dalam satu hari.
Sebagai burung diurnal, kolibri secara aktif menurunkan detak jantung dan laju pernapasannya di malam hari untuk mengurangi konsumsi energinya. Burung yang paling cepat meluncur dari semua burung adalah alap-alap, yang dapat meluncur ke mangsanya dengan kecepatan hingga 360 kilometer per jam. Tetapi secara ketat, alap-alap bukanlah burung terbang tercepat. Meskipun kecepatan kolibri tidak secepat kecepatan alap-alap, mengherankan bahwa kolibri bisa mencapai kecepatan rata-rata 90 km per jam dengan ukurannya yang kecil.
Akhirnya, kemampuan terbang unggulnya membedakannya dari burung lainnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kolibri adalah burung paling terampil di dunia. Sebagian besar burung hanya bisa terbang naik dan turun dan ke depan, tetapi kolibri memiliki kemampuan mengambang, dan terbang mundur, ke kiri, kanan, dan di udara. Sulit membayangkan bagaimana kolibri dapat mengambang dan terbang mundur dengan sayapnya terus-menerus bergerak maju dan mundur.
Kemampuan terbang yang luar biasa dari kolibri dapat dikaitkan dengan empat aspek utama: bobotnya yang ringan, frekuensi ayunan sayap yang tinggi, sendi bahu yang fleksibel, dan keseimbangan yang sangat baik. Rata-rata, kolibri hanya memiliki beberapa gram beratnya, membuatnya lebih lincah. Sayap kolibri juga berbeda dari burung lainnya karena mereka memiliki sendi bahu yang paling fleksibel dari semua burung.
Ini memungkinkan mereka mengubah sudut sayap mereka untuk terbang. Saat mengambang, kolibri memegang tubuhnya severtikal mungkin ke tanah dan kemudian mengubah sayapnya untuk berayun maju dan mundur. Pada titik ini, hanya perlu menemukan keseimbangan antara gaya angkat dan gravitasi serta gaya depan dan belakang untuk mencapai mengambang. Jika perlu naik secara vertikal, hanya perlu menyesuaikan frekuensi sayap. Meskipun menjadi burung terkecil di dunia, kolibri memiliki kendali yang paling presisi atas sayapnya. Sungguh seorang penerbang akrobatik.