Kereta di Swiss
Swiss dikenal dengan sistem kereta api yang tepat waktu dan efisien, yang merupakan komponen penting dalam kehidupan sehari-hari bagi warganya.
Kereta api Swiss terkenal dengan kehandalannya; kedua kereta pengumpan sering bertemu hanya dengan jeda beberapa menit.
Sangat mudah untuk melihat penduduk lokal di antara para penumpang karena mereka turun dari satu kereta dan berpindah ke kereta lain dengan santai. Sedangkan para wisatawan cenderung terburu-buru, menyeret tas mereka untuk mengejar kereta.
Sistem kereta api Swiss juga dikenal karena desainnya yang unik dan perhatian terhadap detail. Setiap stasiun memiliki gayanya sendiri, tetapi salah satu ciri umumnya adalah jam besar dengan jarum jam hitam bulat di platformnya, menampilkan jam bekas berwarna merah berbentuk seperti permen lolipop.
Desain ini dikatakan telah diciptakan oleh seorang insinyur dari Biro Kereta Api Nasional Swiss pada tahun 1944 dan sejak itu telah dimasukkan ke dalam jam tangan dan bahkan sistem tablet Apple, di mana perusahaan membayar 20 juta franc Swiss dalam biaya hak cipta kepada Kereta Api Federal Swiss.
Gerbong kelas satu dilengkapi dengan stopkontak dan akses internet, serta jack headphone di kursinya, membuat perjalanan menjadi nyaman dan menyenangkan bagi penumpang. Kursinya dirancang dengan ruang yang cukup sehingga kedua kaki dapat direntangkan dan diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan adanya jarak yang nyaman.
Swiss memiliki beberapa kereta dengan fitur unik mereka sendiri, termasuk Bernina Express, yang melintasi Alpen ke Italia, menawarkan pemandangan Alpen yang memukau dan situs Warisan Dunia UNESCO sepanjang jalan. Kereta Glacier berjalan dari St. Moritz ke Zermatt, membawa penumpang melintasi pegunungan tinggi dan lembah-lembah dalam waktu lebih dari 8 jam.
Alpine Foothills Express adalah cara yang paling menarik untuk berkomuter antara Swiss timur dan barat, menawarkan pemandangan yang memukau dari lukisan Tugenburg, rawa-rawa dataran tinggi, dan Ryusen bersejarah di tepi Danau Ryusen.
Terakhir, Globi Express adalah kereta khusus untuk tamu muda, menampilkan dinding yang dicat dengan berbagai warna, buku bertema Globi, permainan interaktif, dan bahkan hadiah cantik di akhir perjalanan. Sistem kereta Swiss tidak hanya andal dan efisien, tetapi juga menawarkan pengalaman unik dan menyenangkan bagi para wisatawan. Baik itu pemandangan Alpen yang menakjubkan atau perhatian terhadap detail dalam desain kereta, perjalanan dengan kereta api Swiss pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.