Fakta Kucing Maine Coon
Tak kalah dengan kerabatnya di alam liar, ada beberapa kucing rumahan yang tumbuh dengan fisik yang besar. Salah satunya, ras Maine Coon yang sering disebut anjing di dunia kucing berkat tubuhnya yang besar dan sifatnya yang bersahabat.
Maine Coon merupakan salah satu jenis kucing yang dikenal dengan ukurannya yang super besar, dibanding kucing peliharaan pada umumnya. Selain dari segi ukuran, terdapat berbagai hal menarik dari kucing yang berasal dari Amerika Serikat satu ini.
Kucing raksasa yang lembut
Maine coon mendapat julukan kucing raksasa bukan tanpa alasan. Salah satu ras kucing peliharaan ini memiliki rata-rata berat mencapai 4-8 kg. Selain dikenal berkat ukurannya, Maine Coon juga dikenal sebagai kucing yang mudah bergaul. Itulah mengapa mereka mendapat julukan kucing raksasa yang lembut.
Berhabitat asli di iklim dingin
Kucing ras satu ini memang dikenal memiliki bulu yang panjang ,jenis kucing dengan bulu panjang cenderung lebih cocok untuk tinggal di daerah beriklim dingin seperti Amerika Utara.
Selain itu, cakar dan kaki yang dimilikinya memungkinkan Maine Coon bisa berjalan dengan mudah di atas salju dan es.
Punya suara merdu
Selain mengeong seperti kucing pada umumnya, Maine Coon bisa mengeluarkan suara yang merdu, Tergolong cerewet, ras ini nggak cocok buat kamu yang suka menikmati senja sore hari tanpa gangguan.
Suka main air
Beberapa ahli percaya kalau hobi Maine Coon bermain air berasal dari nenek moyangnya yang banyak menghabiskan waktu di laut, untuk membasmi tikus di kapal. Punya gerakan unik menggerakkan cakarnya di atas air, kebiasaan ini dipercaya sebagai kebiasaannya di alam liar saat membersihkan genangan air dari dahan atau daun.
Harganya sangat mahal
Terdapat dua hal yang membedakan harga Maine Coon, yaitu usia dan silsilah. Maine Coon dengan silsilah yang dibuktikan dengan sertifikat, memiliki harga sekitar Rp12-15 jutaan untuk anak kucingnya.
Punya penyakit tertentu
Bisa hidup hingga 12 tahun, sayangnya ras ini punya penyakit tertentu yang menyerang di usia yang cukup tua. Mulai dari kardiomiopati hipertrofik, gangguan tulang belakang yang bisa diderita sejak kecil, maupun dysplasia pinggul yang bikin kucing jadi pincang.
Sejarah unik Maine Coon
Ada beberapa kepercayaan mengenai asal-usul bulu coklat dengan ekor lebat miliki Maine Coon. Beberapa diantaranya percaya bahwa Maine Coon merupakan hasil perkawinan kucing semi-liar dengan rakun.
Namun yang paling masuk akal adalah, Maine Coon merupakan hasil perkawinan kucing domestik berbulu pendek dengan kucing berambut panjang yang mungkin dibawa oleh pelaut Eropa ke Amerika.
Kucing terpanjang di dunia
Stewie, seekor Maine Coon berusia 8 tahun sempat berhasil memegang Rekor Dunia Guinnes sebagai kucing domestik terpanjang di dunia. Sayangnya, Stewie meninggal dunia pada tahun 2013 lalu karena penyakit kanker yang dideritanya. Saat itu, Stewie memiliki panjangan hinggan 48,5 inch dari ujung hidung sampai ekornya.
Takut dengan ketinggian
Kucing Maine Coon sangat membenci ketinggian. Padahal kucing pada umumnya sangat suka memanjat pohon bahkan atap rumah.
Tampil di film Harry Potter
Fakta menarik tentang Maine Coon lainnya adalah kehadirannya dalam salah satu film populer, Harry Potter. Maine Coon betina dengan nama Pebbles merupakan salah satu dari tiga kucing peliharaan Argus Filch, Mrs. Norris. Meski tidak responsif seperti kucing lainnya saat diajak latihan shooting. Namun Maine Coon sangat hebat dalam berjalan melintasi set dan berhenti sesuai perintah.
Itulah beberapa fakta mengenai ras kucing Maine Coon.