Keindahan Bintang Laut
Pernahkah Anda menyaksikan makhluk yang mengeluarkan perutnya untuk memakan makanan?
Tahukah kamu di mana letak mata bintang laut?
Bintang laut adalah makhluk aneh dan menakjubkan yang hidup di lautan. Mereka datang dalam berbagai warna dan menyerupai bintang dari film animasi.
Makhluk laut yang menakjubkan ini termasuk dalam keluarga echinodermata, yang bergerak melalui kaki berbentuk tabung, beregenerasi setelah kehilangan lengannya, dan mampu menelan makanan yang lebih besar dari ukurannya.
Meskipun hidup di bawah air, bintang laut bukanlah ikan sejati karena tidak memiliki insang, sisik, atau sirip seperti halnya ikan. Bintang laut juga bergerak berbeda dengan ikan. Ikan menggunakan ekornya untuk mendorong dirinya ke depan, sedangkan bintang laut memiliki kaki kecil seperti tabung untuk membantunya bergerak maju.
Bintang laut termasuk dalam filum Echinodermata, yang mencakup hewan seperti bulu babi dan teripang. Beberapa bintang laut hidup di sepanjang garis pantai, sementara yang lain hanya dapat ditemukan di lingkungan laut dalam. Mereka datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Biasanya bintang laut memiliki lima lengan, tetapi ada spesies yang memiliki hingga empat puluh lengan.
Berikut beberapa bintang laut aneh dan cantik yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya
1. Dermasterias Imbricata
Dermasterias imbricata ditemukan di lepas pantai barat Amerika Utara, dari Alaska hingga Meksiko. Ia hidup di zona intertidal pada kedalaman 91 meter dan memakan alga, spons, dan teripang.
2. Bintang Matahari Pagi (Solaster Dawsoni)
Bintang matahari pagi memiliki 8 hingga 16 lengan dan biasanya berwarna merah atau oranye, menyerupai matahari dalam gambar kartun. Bintang matahari pagi hidup di Samudra Pasifik Utara dan dapat ditemukan di Jepang, Siberia, dan lepas pantai Amerika Utara. Mereka memangsa bintang laut lain dan bahkan berpura-pura mati di depan predator.
3. Pisaster Brevispinus
Pisaster Brevispinus dapat tumbuh hingga diameter 0,6 meter dan berat hingga 0,9 kg. Warna tubuhnya bubblegum pink, sama seperti Patrick dari kartun “SpongeBob SquarePants”. Tubuhnya yang lunak dapat dengan mudah menempel pada karang dan bebatuan tempat ia memakan kerang, cacing tabung, dan teritip.
4. Choriaster Granulatus
Choriaster Granulatus adalah satu-satunya spesies dalam genus Choriaster. Bintang laut unik ini ditemukan di terumbu karang dan lereng dangkal yang dipenuhi puing-puing, memakan alga, polip karang, dan bangkai hewan.
5. Astropecten Articulatus
Astropecten Articulatus memiliki tubuh berwarna ungu dan emas dan ditemukan di sepanjang pantai timur Amerika Utara, terutama di tenggara. Meski dapat hidup di kedalaman 213 meter, namun sebagian besar hidup di kedalaman 21 hingga 30 meter, dimana mereka dapat memakan banyak moluska. Tidak seperti banyak spesies bintang laut lainnya, Astropecten articulatus memakan seluruh mangsanya.
6. Asterina Miniata
Nama Asterina Miniata diambil dari anyaman mirip sayap kelelawar di antara kedua lengannya. Ditemukan di sepanjang pantai barat Amerika Utara, dari Alaska, AS hingga Baja, Hongaria. Meskipun spesies ini biasanya memiliki lima lengan, ia dapat memiliki hingga sembilan lengan dan memiliki berbagai warna, termasuk hijau, oranye, dan ungu.
7. Acanthaster Planci
Acanthaster Planci adalah salah satu bintang laut terbesar di dunia, dengan duri menutupi permukaan atasnya dan sangat menyukai polip karang berbatu di perairan subtropis. Mereka memangsa spesies karang yang tumbuh paling cepat, sehingga berkontribusi terhadap keanekaragaman hayati terumbu karang.
Namun, jika terdapat banyak bintang laut berduri panjang, hal ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada terumbu karang. Lonjakan populasi bintang laut duri panjang disebabkan oleh penangkapan ikan oleh manusia dan pemanenan ikan paus humphead, sehingga mengurangi predator alami bintang laut duri panjang.