Keindahan Taman Nasional
Dalam beberapa abad terakhir, ekosistem bumi yang telah terpelihara selama puluhan ribu.
Atau bahkan ratusan ribu tahun telah hancur karena permintaan manusia akan sumber daya yang tidak terbatas.
Untuk melindungi keutuhan ekosistem yang tersisa dari kerusakan lebih lanjut, negara-negara telah menyisihkan kawasan atas nama negara untuk dijadikan lokasi penelitian ilmiah dan pendidikan lingkungan, yang dikenal sebagai taman nasional. Pada artikel ini, kami akan menampilkan beberapa taman nasional paling terkenal di dunia.
1.Taman Nasional Fjords Selandia Baru
Salah satu taman nasional terbesar di Selandia Baru, Taman Nasional Fjords mencakup area seluas 12.120 kilometer persegi. Medan uniknya dibentuk oleh 14 celah besar yang ditinggalkan oleh aksi glasial selama zaman es berturut-turut.
Puncak megah yang tertutup salju tercermin dalam cahaya biru laut di tengah malam, yang membentang jauh ke dalam taman ini.
2. Taman Nasional Lake District, Inggris
Dikenal sebagai “sudut terindah di Inggris”, Taman Nasional Lake District menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan berbagai fasilitas rekreasi yang menarik.
Ini juga merupakan salah satu rute jalan kaki dan pendakian terbaik di Inggris dan cocok untuk pengunjung dari segala usia.
3. Parque Nacional Baione, Chili
Terletak di ujung selatan Andes, Parque de la Baienne pernah dipilih oleh National Geographic sebagai salah satu dari 50 tempat di dunia yang wajib Anda kunjungi seumur hidup.
Mencakup area seluas 2.421 kilometer persegi, taman ini terkenal dengan danau-danaunya yang menakjubkan, banyak gletser, dan puncak granit yang menjulang tinggi, dan terdaftar oleh UNESCO sebagai salah satu ekosfer yang dilindungi di dunia pada tahun 1978.
4. Taman Nasional Serengeti, Tanzania
Sebagai bagian dari kawasan konservasi prioritas nasional, Taman Nasional Serengeti mencakup area seluas 600 hektar yang diklasifikasikan sebagai cagar alam.
Seluruh taman ini merupakan salah satu suaka margasatwa terbesar di Afrika, sehingga menjadi kawasan lindung pada tahun 1940 dan taman nasional pada tahun 1951.
5. Taman Nasional Banff, Kanada
Dibangun pada tahun 1885, Taman Banff memiliki sejarah panjang dan terletak di bagian utara Pegunungan Rocky di Alberta, Kanada, dan merupakan taman nasional yang buka sepanjang hari. Atraksi utamanya adalah taman nasional Danau Louise dan Danau Monroe.
Taman ini menawarkan hotel modern, motel, dan tempat perkemahan di hutan, dan gunung yang tinggi yang memiliki jalur trem udara yang mengarah dari bawah ke puncak gunung. Di puncak, pengunjung dapat melihat pemandangan sekitar dari paviliun dan dek observasi.
6. Taman Nasional Fuji Hakone Izu, Jepang
Ditunjuk sebagai taman nasional pada tahun 1936, Fuji Hakone Izu mencakup empat wilayah: Tokyo, Kanagawa, Yamanashi, dan Shizuoka. Taman ini menawarkan dua fitur luar biasa , gunung berapi, dan lautan.
7. Taman Nasional Yellowstone, AS
Taman Nasional Yellowstone tidak hanya merupakan taman nasional pertama di dunia, namun juga dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Mencakup sekitar 9.000 kilometer persegi di Wyoming, Montana, dan Idaho, taman ini dibagi menjadi lima zona.
Kawasan Mata Air Panas Mammoth di barat laut didominasi oleh teras batu kapur, sehingga dijuluki Teras Panas. Kawasan Roosevelt timur laut masih melestarikan lanskap Old West, sedangkan kawasan tengah Canyon menawarkan pemandangan grand canyon dan air terjun Yellowstone.
Kawasan Danau Yellowstone bagian tenggara dicirikan oleh danau dan pegunungannya, sedangkan kawasan Geyser di bagian barat dan barat daya terkenal dengan keajaiban geologisnya yang unik, seperti sumber air panas, kolam uap, kolam air panas, dataran lumpur, dan lubang sembur.
Yellowstone adalah rumah bagi lebih dari separuh geyser aktif di dunia, termasuk geyser paling aktif di dunia, Steamboat Geyser di Norris Geyser Basin. Kawasan ini juga merupakan rumah bagi beragam satwa liar, termasuk bison, beruang grizzly, rusa, dan serigala.