Dispenser Permen Karet
Sejarah dispenser permen karet dimulai pada awal tahun 1900-an.
Ketika permen karet menjadi populer di Amerika Serikat.
Permen karet komersial pertama diperkenalkan pada tahun 1928 oleh Fleer Corporation. Permen karet tersebut diberi nama "Dubble Bubble" dan dengan cepat menjadi populer di kalangan anak-anak maupun orang dewasa.
Permen karet tersebut dijual dalam bentuk batangan dan dibungkus dengan kertas lilin. Pada saat itu, permen karet dijual dalam kemasan dan pelanggan harus membeli satu bungkus untuk mendapatkan sepotong permen karet. Pengenalan permen karet dalam satu batang memungkinkan pelanggan membeli permen karet dalam jumlah lebih sedikit, sehingga lebih mudah diakses.
Seiring meningkatnya popularitas permen karet, perusahaan mulai mengembangkan mesin untuk mengeluarkan permen karet, yaitu dispenser permen karet. Dispenser ini pertama diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Norris Manufacturing Company. Mesin itu disebut "Master" dan dirancang untuk mengeluarkan permen karet Dubble, dengan desain sederhana yang menggunakan tuas untuk mengeluarkan sepotong permen karet dalam porsi kecil kepada pelanggan dengan sedikit biaya, yakni hanya beberapa sen saja.
Dispenser permen karet telah mengalami perubahan signifikan sejak diperkenalkan pada awal tahun 1900-an, menjadi semakin rumit dan dekoratif. Pada tahun 1950-an sampai 1960-an, banyak dispenser permen karet yang dirancang agar terlihat seperti karakter dari acara TV dan film populer. Mesin ini sering kali terbuat dari plastik dan memiliki mekanisme yang akan mengeluarkan sepotong permen karet ketika pelanggan memasukkan koin.
Pada tahun 1970an sampai 1980an, dispenser permen karet menjadi lebih berteknologi tinggi. Banyak mesin dirancang untuk menyala dan memutar musik ketika pelanggan memasukkan koin. Selain mengeluarkan permen karet, dispenser modern juga dapat mengeluarkan jenis permen lainnya, seperti permen karet atau coklat kecil dan dirancang untuk menerima berbagai metode pembayaran, termasuk kartu kredit dan pembayaran seluler, mesin ini sering ditemukan di arcade dan tempat hiburan lainnya.
Terlepas dari evolusinya, dispenser permen karet tetap menjadi perlengkapan yang digemari di lanskap ritel Amerika. Oleh karena itu, barang ini tetap populer di kalangan kolektor barang antik, terutama yang dirancang mirip seperti karakter dari acara TV dan film populer, dapat bernilai sangat mahal. Dengan popularitasnya yang terus berlanjut, dapat dikatakan bahwa dispenser permen karet akan tetap menjadi aspek budaya Amerika yang abadi selama bertahun-tahun yang akan datang.