Burung Kuntul
Kuntul adalah burung yang cantik, memiliki badan yang indah dan bulunya berwarna putih.
Ukuran tubuhnya tidak besar tetapi tidak kecil, dan kakinya tidak panjang tetapi tidak pendek.
Mereka mendiami pulau-pulau pesisir, teluk, muara dan sungai, danau, kolam, sungai, sawah, dan rawa-rawa di dekat pantai. Bisa dilihat sendiri, mereka dapat berpasangan atau dalam kelompok kecil, dan terkadang terdapat puluhan kelompok besar yang berkumpul.
Pada siang hari, mereka sering terbang ke sungai, padang garam, dan sawah di dekat pantai untuk beraktivitas dan mencari makan. Namun, kuntul yang biasa disebut orang bukanlah “satu jenis” kuntul dalam pengertian ilmiah, melainkan “kumpulan” dari empat spesies kuntul yang semuanya berwarna putih.
Ada 12 spesies burung kuntul di dunia, diantaranya “kuntul besar”, “kuntul tengah”, “kuntul kecil” dan “kuntul salju” dikenal dengan sebutan “kuntul” karena warnanya yang putih seperti salju. Selanjutnya, kami akan memperkenalkan keempat jenis kuntul ini secara detail.
1. Ardea alba
Sebagai bangau paling “pendukung” di antara “Empat Tuan Muda”, panjangnya bisa mencapai 90 sentimeter. Bulu perutnya agak kekuningan. Apalagi ia juga memiliki sepasang kaki berwarna hitam dan kaki berwarna hitam. Bulu hiasnya berupa tiga baris bulu yang panjang dan lurus dengan teritip tersebar di bahu dan punggung Ardea alba. Bulunya berwarna putih gading.
Sebagai burung yang bermigrasi, Ardea alba bermigrasi ke tempat berkembang biaknya di utara setiap akhir Maret hingga pertengahan April. Tersebar luas di dunia dan tersebar di Eurasia, Afrika, dan Oseania.
2. Ardea perantara
Ukuran tubuhnya antara Ardea alba dan Egretta garzetta, dan panjang tubuhnya bervariasi antara 62-70 cm. Mereka termasuk bangau besar dan burung air berukuran sedang. Intermedia Ardea sangat proporsional, dan berbentuk gelendong, dengan bulu halus berwarna putih dan bulu demoiselle halus. Mereka sangat waspada dan langsung terbang ketika melihat manusia mendekati mereka dari kejauhan. Namun mereka tidak keberatan bercampur dengan kuntul lainnya. Mereka juga tersebar luas dan sekarang umum ditemukan di Afrika, Semenanjung India, Oseania, dan Asia Timur.
3. Kuntul garzetta
Seperti Ardea intermedia, ia juga memiliki iris kuning, paruh, dan kaki hitam. Berukuran lebih kecil dari Ardea alba, dengan panjang tubuh hanya 56 cm. Hal ini biasa terjadi di Pulau Hainan di Tiongkok. Di seluruh dunia, kuntul ditemukan di Asia, Eropa, Afrika, dan Oseania.
4. Kuntul thula
Ukurannya tidak besar, mirip dengan Egretta garzetta, sekitar 55-65 cm. Ia memiliki bulu putih bersih dan bulu demoiselle halus di lehernya.
Sebaran Egretta thula terkonsentrasi di benua Amerika, baik di Amerika Utara, Amerika Tengah, maupun Amerika Selatan. Daerah perkembangbiakan mereka di benua Amerika terkonsentrasi letak nya di pedalaman Amerika Serikat.