Taman Nasional Jasper Kanada
Taman Nasional Jasper adalah salah satu taman nasional pegunungan paling luas dan terkenal di Kanada.
Terletak di bagian timur Alberta, taman ini merupakan mercusuar bagi para petualang di belahan bumi utara.
Jasper memiliki reputasi sebagai taman terbesar di Pegunungan Rocky Kanada dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO bersama Banff dan sejumlah taman lainnya.
Taman ini juga merupakan Cagar Bintang Langit Gelap terbesar kedua dan satu-satunya di dunia dengan populasi manusia di wilayah tengahnya. Udara di sini segar, jernih, serta benar-benar tidak tercemar dan murni dengan kondisi pemandangan yang sangat baik.
Saat malam tiba, Anda bisa memandangi kerlap-kerlip bintang dan gemerlapnya sungai bintang di langit malam yang luas serta merasakan misteri dan luasnya alam semesta. Ada beberapa atraksi lain yang masih tersisa di sini yang menjadikannya layak untuk dikunjungi.
1. Ladang Es Kolombia
Ladang Es Columbia merupakan ladang es terbesar di dunia, kecuali Lingkaran Arktik. Ini adalah ladang es terbesar di Pegunungan Rocky Kanada dan merupakan tujuan populer untuk gletser. Jika Anda meninggalkan Taman Nasional Banff dari Danau Louise ke utara, Anda akan dapat menikmati keajaiban gletser dalam perjalanan.
Kepadatan es yang sangat tinggi, sinar matahari tidak dapat dibiaskan, dan menghadirkan cahaya biru jernih di langit cerah yang sangat megah. Data sejarah menunjukkan bahwa Kanada telah mengalami empat zaman es besar. Zaman es terbaru terjadi 10.000 tahun yang lalu, ketika gletser besar membentang selama beberapa abad, mengalir dari Ladang Es Columbia di utara hingga Cascades yang sekarang dan ke selatan melalui kota Calgary yang sekarang, sehingga menutup seluruh wilayah pegunungan dalam es tebal.
Karena saljunya yang tebal, maka ini bukanlah area yang bisa dilalui manusia. Sehingga wisatawan harus naik pesawat untuk melihat ke bawah dan melihat tontonan langka yang telah dialami selama 10.000 tahun ini. Sedangkan untuk hotspot wisata yang bisa dicapai melalui jalur darat, kawasan gletser terbentuk dari aliran lapisan es. Terdapat total delapan gletser di Ladang Es Columbia, yang paling dikenal adalah Gletser Athabasca.
2. Danau Marin
Danau Marin adalah salah satu danau terindah di Pegunungan Rocky dan danau glasial terbesar di Pegunungan Rocky Kanada. Danau Marin merupakan danau glasial yang panjang nya sekitar 22 kilometer dari utara ke selatan dan 1 kilometer dari timur ke barat, dan pengunjung dapat naik kapal pesiar ke Pulau Spirit, yang menyempit hingga 200 meter, untuk menikmati pemandangan indah seperti poster.
Jalur pendakian Danau Marine datar yang terletak di tepi timur danau, membutuhkan waktu sekitar 20 menit berjalan kaki di sepanjang danau untuk mencapai Schaffve Viewpoint, tempat ini merupakan tempat dengan pemandangan paling spektakuler dan terdapat peluang untuk bertemu hewan besar di dalamnya.
Terdapat banyak jalur pendakian di sekitar danau, pemandangan indah di sekitar danau, dan berbagai aktivitas yang dapat dinikmati pengunjung, serta banyak satwa liar dan bunga liar di dekatnya. Danau Kedokteran, dalam perjalanan menuju Danau Marin, terlihat tidak berbeda dengan danau lain di musim panas, namun setelah musim gugur danau tersebut perlahan turun dan menghilang ,dan masih menjadi misteri apakah ada gua atau saluran air di dasar danau.
Dikelilingi oleh puncak yang tertutup salju, lembah ini jatuh tepat ke dalam danau. Naik perahu di danau, Anda dapat melihat keindahan danau dan pegunungannya yang seindah negeri dongeng. Setiap taman di Kanada mempunyai pemandangan indah yang unik. Baik Anda menyukai petualangan, ingin bersantai, atau melakukan perjalanan keluarga, Taman Nasional Jasper adalah tujuan wisata yang ideal.