Harimau Benggala
Di alam liar yang luas, hanya sedikit makhluk yang memikat imajinasi kita seperti harimau Benggala.
Dengan tatapan matanya yang tajam dan kehadirannya yang megah.
Kucing anggun ini menjadi salah satu predator paling ikonik di dunia.
Harimau Benggala merupakan subspesies yang tersebar di anak benua India. Terkenal karena kemegahannya, ia termasuk kucing besar terbesar dan paling menakjubkan yang hidup saat ini. Tercatat dalam sejarah megafauna yang karismatik, harimau Benggala melambangkan kekuatan dan keindahan. Secara visual, harimau Benggala adalah mahakarya rancangan alam. Bulunya memancarkan perpaduan warna kuning dan oranye muda yang menawan, dihiasi garis-garis coklat tua hingga hitam.
Harimau Benggala memiliki kekuatan fisik yang sesuai dengan perawakannya yang agung. Jantan bisa mencapai panjang yang mencengangkan hingga 10 kaki, termasuk ekornya. Tingginya mencapai antara 3 hingga 3,5 kaki sambil berdiri. Rata-rata, beratnya mencapai 397 hingga 569 pon. Gigi taring mereka yang tangguh, berukuran 3 hingga 3,9 inci, merupakan yang terpanjang di antara semua spesies kucing. Dalam dunia bertahan hidup, makhluk luar biasa ini adalah karnivora sejati. Mangsa pilihan mereka terdiri dari mamalia berkuku besar. Namun kemampuan beradaptasi mereka terlihat dari kesediaan mereka berburu berbagai hewan lain, seperti kerbau, macan tutul, serigala, dan bahkan buaya.
Kadang-kadang, ketika menghadapi kelangkaan, mereka mengoordinasikan serangan terhadap badak dan gajah, sehingga hal tersebut menunjukkan keserbagunaan mereka sebagai predator utama. Harimau Benggala memiliki kemampuan untuk melakukan serangan terkoordinasi, terutama ketika menargetkan mangsa yang lebih besar seperti badak dan gajah. Strategi berburu ini menunjukkan kecerdasan dan kemampuan beradaptasi mereka dalam menghadapi musuh yang tangguh. Kehidupan harimau Benggala berkisar pada wilayah kekuasaannya. Harimau betina tetap berada dekat dengan wilayah induknya, sementara anak harimau remaja menjelajah wilayahnya sendiri setelah tahun pertama kemerdekaannya.
Secara alami harimau Benggala hidup menyendiri, harimau ini jarang membentuk kelompok kecuali makanannya berlimpah. Tersebar di hutan tropis, subtropis, dan beriklim sedang, harimau Benggala menunjukkan kemampuan beradaptasi yang luar biasa terhadap berbagai habitat. Biasanya ditemukan antara 660 dan 9.800 kaki di atas permukaan laut, mereka hidup di berbagai lanskap di India, Bangladesh, Nepal, dan Bhutan.
Di India, harimau Benggala berkeliaran di hutan tropis, hutan gugur subtropis, padang rumput, dan hutan bakau. Sedangkan di Bangladesh, mereka terbatas di Sundarbans dan Jalur Bukit Chittagong. Di Nepal, tiga populasi harimau kecil dan terisolasi hidup di dalam taman nasional, sementara Bhutan menyediakan perlindungan bagi makhluk luar biasa ini di 17 dari 18 distriknya.