Kontribusi Pohon
Pohon yang kita kenal adalah tanaman tahunan berkayu yang menghasilkan oksigen.
Seperti: pohon mangga, pohon nangka, pohon sengon, pohon jati dan lainnya.
Pohon merupakan komponen penting alam. Pohon memiliki banyak manfaat bagi kehidupan makhluk hidup dan kelangsungan hidup manusia, akan tetapi saat ini banyak orang yang lupa dengan pentingnya menanam pohon.
Berikut adalah beberapa manfaat pohon:
1. Peningkatan Kualitas Udara:
Pepohonan berperan penting dalam memurnikan udara, menyerap karbon dioksida, dan melepaskan oksigen. Selain itu, mereka mengurangi keberadaan gas berbahaya dan partikel seperti sulfur dioksida, nitrogen oksida, dan ozon. Statistik menunjukkan bahwa satu hektar hutan dapat menghasilkan 48 kilogram oksigen setiap tahunnya dan menyerap 4 kilogram gas beracun, sulfur dioksida, setiap bulannya.
2. Perlindungan Tanah:
Sistem akar pohon berfungsi sebagai benteng terhadap erosi tanah dan angin, mencegah degradasi lahan dan penipisan tanah. Selain itu, pepohonan menyerap bahan kimia dan polutan, sehingga mencegah infiltrasinya ke dalam air tanah. Cengkeraman kuat akar pohon meningkatkan stabilitas tanah, mengekang angin dan pasir, meningkatkan retensi air tanah, dan mendorong keseimbangan ekologi.
3. Pengaturan Iklim:
Pepohonan berkontribusi terhadap pengaturan suhu dengan menguapkan air dan mengurangi efek pulau panas di wilayah perkotaan. Selain itu, mereka melindungi manusia dan satwa liar dari sinar matahari dan meminimalkan radiasi ultraviolet. Dengan mengurangi paparan sinar matahari langsung ke tanah, pepohonan secara efektif memoderasi suhu permukaan di musim panas dan melindungi bumi di musim dingin.
4. Jasa Ekosistem:
Pohon merupakan bagian integral dari ekosistem, memberikan jasa penting seperti konservasi air, pelestarian tanah, habitat satwa liar, dan sumber makanan. Dengan mengurangi kecepatan angin dan mengubah arah angin, pepohonan mengurangi erosi angin, sehingga memperkuat fiksasi pasir.
Jarak dan kepadatan penahan angin yang diformulasikan secara strategis, ditambah dengan semak belukar dan padang rumput, memainkan peran penting dalam membatasi penyebaran pasir dan kerikil.
5. Peningkatan Lingkungan:
Kawasan hutan menyerap gelombang suara, mengurangi polusi suara sebanyak 4-5 kali lipat dan melindungi lingkungan tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan, dan rekreasi dari gangguan kebisingan. Pepohonan menghiasi lanskap perkotaan dan pedesaan, menumbuhkan rasa gembira dan ketenangan di antara masyarakat. Selain itu, mereka menawarkan keteduhan dan perlindungan, mengurangi panasnya musim panas.
6. Manfaat Ekonomi:
Budidaya pohon menghasilkan banyak sekali produk ekonomi, termasuk buah-buahan dan tanaman obat seperti teh, karet, dan arang. Kontribusi ekonomi dari pepohonan sangat besar, beragam pohon dapat menyediakan mata pencaharian dan makanan bagi banyak komunitas.
Pohon mempunyai arti penting bagi manusia, hewan, dan lingkungan. Mengingat manfaatnya yang beragam, upaya konservasi pohon dan penghijauan harus diprioritaskan untuk memastikan manfaat-manfaat tersebut dapat terus dinikmati oleh generasi sekarang dan mendatang.