Jenis Cake
Cake atau kue bolu adalah salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan legit menjadikan kue ini sangat digemari oleh semua kalangan.
Terlebih saat kita sedang memiliki hajatan atau acara tertentu, tak jarang cake sering dijadikan menu utama.
Hal ini akan menambah kehangatan saat berkumpul bersama keluarga.
Menyantap kue bolu di rumah saat waktu luang tentunya sangat menyenangkan, apalagi jika ditemani teh atau kopi. Membuat cake, terkadang tampak sulit dengan bahan yang cukup banyak. Tetapi terdapat beberapa pilihan cake yang enak hanya dengan bahan yang sederhana. Cake dimatangkan dengan cara dipanggang dalam oven, tetapi ada pula yang dikukus.
Bahan cake juga bisa dicampur dengan berbagai bahan seperti pisang, keju, cokelat, hingga rasa pandan. Bahkan, banyak juga variasi lainnya seperti rainbow cake yang populer. Berikut ini adalah beberapa pilihan resep membuat cake lembut.
Jenis Cake
1. Butter cake atau shortened (cream cake)
Cake dibuat dengan cara mengocok mentega (margarin) dengan campuran gula yang menjadi adonan berbentuk krim, adapun bahan yang digunakan bahan pengembang lain berupa baking powder atau soda kue.
2. Sponge cake (foam cake)
Proses pembuatannya dengan cara mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang halus dan kental, lalu margarin cair atau minyak goreng juga sering ditambahkan, kemudian setelah adonan jadi dicampur dengan tepung.
Berdasarkan teknik pengocokan telurnya, jenis sponge cake dibagi menjadi dua bagian, yakni kue dengan putih dan kuning telur yang masing-masing dikocok dalam mangkuk secara terpisah dan kuning dan putih telur yang dikocok bersamaan.
Variasi Pembuatan Cake
Sebelum di panggang, adonan cake lebih sering ditambahkan dengan berbagai bahan perasa dan aroma, contohnya seperti bubuk cokelat, bumbu kue lapis, daun pandan, pisang, tapai singkong, kacang-kacangan, kismis, dan buah-buahan yang dikeringkan lainnya. Selain itu, cake atau bolu yang sudah matang bisa dibelah secara horizontal untuk diolesi dengan krim mentega, vla, pasta coklat, krim keju, selai atau diperciki dengan campuran sirup atau minuman beralkohol seperti rhum.
Resep Olahan Cake
1. Cake Sederhana
A. Bahan:
a. Tepung terigu 200 g
b. Gula pasir 200 g
c. susu bubuk rasa vanilla 5 sdm
d. Telur ayam 4 butir
e. Baking soda ½ sdt
f. Air 100 ml
g. Margarin
h. Cetakan kue
B. Cara mengolah:
1. Siapkan cetakan yang hendak dipakai olesi dengan margarin, sisihkan.
2. Buat karamel dari 100 g. Setelah jadi tambahkan air 100 ml. Masak hingga mendidih. Dinginkan.
3. Ayak tepung terigu, baking soda, dan susu bubuk.
4. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang.
5. Masukkan ayakan dalam wadah (mangkuk). Lalu campurkan dengan karamel. Aduk hingga rata.
6. Tuang kocokan telur dan gula pasir. Kocok dengan mixer berkecepatan sedang.
7. Tuang adonan pada adonan yang telah diolesi margarin.
8. Kukus selama 20 menit atau hingga mengembang sempurna.
9. Dinginkan pada suhu ruangan selama 5 menit lalu keluarkan kue dari cetakan.