Bunga Apel Dan Begonia
Bunga Apel, pohon abadi dari keluarga apel Rosaceae.
Merupakan gulma tahunan dari keluarga Solanaceae.
Bunga apel memiliki bentuk seperti terompet berwarna putih. Pohon bunga apel terutama suka tumbuh di tempat hangat. Bunganya memiliki lima kelopak dan berbentuk plum.
Teh bunga apel dapat mencegah tekanan darah tinggi dan fenol apel juga menghambat reaksi alergi dan memiliki efek anti alergi tertentu.
Jadi bagaimana cara membuat secangkir teh bunga apel?
1. Kelopak bunga kering, diseduh dalam secangkir air panas mendidih dan direbus selama sekitar sepuluh menit.
2. Gula merah atau madu bisa ditambahkan secukupnya untuk diminum.
Tapi perlu digaris bawahi bahwa teh bunga apel tidak cocok untuk wanita hamil.
Banyak orang bingung membedakan bunga apel dengan begonia, namun meskipun kedua bunga tersebut serupa, namun jika dilihat lebih dekat akan terlihat bahwa keduanya berbeda. Jadi bagaimana cara mencari perbedaan dari kedua bunga tersebut?
1. Dilihat dari cabang utamanya
Pertama, cabang utama begonia halus, sedangkan cabang bunga apel lebih kasar, jadi jika diperhatikan lebih dekat Anda akan bisa membedakannya.
2. Dilihat dari warna kuncup bunganya
Dilihat dari warnanya, kuncup bunga apel berwarna kemerahan bila tidak dibuka, namun perlahan berubah warna dari merah jambu menjadi putih setelah berbunga. Sedangkan, begonia memiliki kuncup berwarna ungu kemerahan ketika tidak dibuka, tetapi setelah dibuka warnanya menjadi merah muda dan sedikit lebih cerah daripada bunga apel.
3. Dilihat dari tangkai bunganya
Begonia memiliki buah yang jauh lebih kecil daripada apel, dan karena harus membawa buah yang lebih berat, tangkai bunga apel jauh lebih pendek dibandingkan begonia. Keduanya memiliki bulu halus yang pendek pada tangkainya, namun bulu halus pada tangkai apel lebih lebat dibandingkan pada begonia.
4. Dilihat dari proses perbungaannya
Perbungaan bunga apel merupakan bunga cymose yang bercabang tiga. Dalam istilah awam, ini berarti kuncup bunga bagian tengah terbuka terlebih dahulu dan kuncup bunga tepian terbuka kemudian.
Perbungaan bunga apel biasanya 5-8. Sedangkan perbungaan Begonia adalah umbel di mana semua kuncup bunga berbunga bersama, tumbuh berkelompok ke atas, dan perbungaan biasanya 4-7. Begonia juga memiliki ukuran bunga lebih besar bila tumbuh sebelum daun dan sebaliknya daun akan memiliki ukuran lebih besar jika tumbuh sebelum berbunga.
5. Dilihat berdasarkan daunnya
Panjang daun begonia umumnya 5-8 cm, lebar sekitar 2-3 cm, untuk elips setelah sampai panjang elips, bagian depan runcing atau membulat, pangkal lebar cuneate atau subrounded, tepi bergerigi. Sedangkan daun apel berbentuk elips atau bulat telur setelahnya hingga elips lebar, namun bandingkan masa berbunga apel dan begonia, relatif yang pertama lebih lebar, sekitar 4,5-10 cm dan lebar sekitar 3-5,5 cm. Puncaknya lancip dan pangkalnya runcing atau membulat, dan juga bergerigi.