Landasan Pacu Merah
Landasan pacu plastik.
Dikenal sebagai lintasan atletik segala cuaca.
Terbuat dari prapolimer poliuretan, polieter campuran, karet ban bekas, butiran karet EPDM atau butiran PU, pigmen, aditif,
dan pengisi. Landasan pacu plastik menawarkan kerataan yang sangat baik, kekuatan tekan yang tinggi, kekerasan dan elastisitas yang sesuai, serta sifat fisik yang stabil. Fitur-fitur ini bermanfaat bagi atlet dengan meningkatkan kecepatan dan teknik mereka, meningkatkan kinerja olahraga, dan mengurangi risiko cedera akibat terjatuh.
Terbuat dari karet poliuretan dan bahan lainnya, landasan pacu plastik memiliki tingkat elastisitas dan warna tertentu, serta ketahanan anti-UV dan penuaan. Bahan ini diakui secara internasional sebagai bahan lantai dasar olahraga luar ruangan segala cuaca terbaik.
Landasan pacu identik dengan olah raga, dan olah raga identik dengan semangat. Warna merah melambangkan semangat. Menurut sebagian besar tes visual, ketika mata manusia melihat warna merah, sel dan organ merespons lebih antusias dibandingkan ketika warna lain diamati. Warna merah menstimulasi organ dan pikiran manusia, itulah sebabnya lintasan atletik internasional sering kali menampilkan warna merah.
Industri film juga menggunakan karpet merah untuk alasan serupa. Meskipun kuning, biru, dan hijau juga merupakan warna umum untuk landasan pacu plastik, garis pemisah biasanya berwarna putih untuk memudahkan pengamatan pada jarak yang berbeda.
Namun mengapa warna merah menjadi warna paling umum untuk landasan pacu berbahan plastik?
1. Menurut prinsip dasar termodinamika dan estetika, suatu benda hanya dapat menyerap dan mencerna cahaya berwarna kompleks yang berbeda dengan warnanya sendiri. Energi kinetik yang diinduksi inframerah adalah yang terbesar.
2. Warna merah dapat menenangkan sistem saraf dan menggairahkan otot-otot tubuh. Warna merah secara visual menghilangkan stres, dengan cepat membenamkan peserta dalam permainan.
3. Saat lapangan olah raga merah digunakan, lampu merah dipantulkan, sehingga mempercepat pemuaian dan kehancuran termal jika lampu merah diserap.
4. Merah adalah warna yang suportif dan atmosferik, itulah sebabnya sebagian besar trek plastik luar ruangan berwarna merah.
5. Jika trek berwarna krem, maka akan cepat menjadi kotor dan tidak menarik. Cahaya reflektif juga dapat membahayakan penglihatan.
6. Merah adalah warna yang relatif netral dari segi gender, dan landasan pacu plastik merah tidak mudah pudar.
7. Besi berwarna merah dan oranye merah biasa digunakan pada konstruksi landasan pacu plastik. Selain itu, halaman rumput dan tanaman hijau sering kali mengelilingi lintasan, memberikan kontras visual yang menyenangkan dengan warna merah.
8. Warna merah dianggap sebagai katalis yang efisien untuk merangsang sekresi hormon pria. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar proyek landasan pacu plastik memilih warna merah. Merah memberikan rangsangan visual yang kuat, menstimulasi kegembiraan dan impuls pada saraf dan otot manusia, serta membantu pemain memasuki kondisi permainan dengan cepat dan mencapai hasil terbaik.
Warna merah juga cerah dan menarik perhatian, memberikan efek peringatan yang efektif. Inilah salah satu alasan utama mengapa sebagian besar stadion terbuka menggunakan landasan pacu berwarna merah.