Kereta Dorong Bayi
Kereta dorong, alat transportasi favorit bayi untuk jalan-jalan.
Merupakan barang wajib bagi para ibu saat mengajak bayinya berbelanja di jalan.
Kereta dorong merupakan alat yang dirancang untuk memudahkan aktivitas outdoor bayi, yang tersedia dengan berbagai macam model. Kereta dorong bayi akan membawa manfaat tertentu bagi perkembangan intelektual anak, dan dapat meningkatkan perkembangan pikiran anak.
Pembelian kereta dorong bayi harus dipilih dengan cermat, meskipun ada banyak tindakan pencegahan dalam menggunakan kereta dorong, tetapi demi keselamatan anak-anak, bersama-sama kita harus terlebih dahulu memahami tindakan pencegahan ini.
1. Sebelum keluar, periksalah kinerja seluruh bagian kereta dorong, pastikan seluruh bagian kereta dorong menempel erat, performa pengereman yang baik.
2. Periksa secara berkala apakah kereta dorong rusak, seperti struktur bodi tiap sambungan aman, tidak ada sekrup yang kendor, dan bagian lainnya.
3. Jangan memaksakan membawa anak untuk berjalan di jalan yang banyak mobilnya, pipa emisi gas buang mobil hampir sama tingginya dengan kereta dorong , sehingga akan membuat anak lebih banyak menghirup gas buang mobil.
4. Naik turun tangga dan minta bantuan. Minta dia memegang pagar penyangga kereta dorong, dan Anda memegang pegangan kereta dorong, jaga agar tetap rata, dan angkat kereta dorong secara perlahan.
5. Perhatikan perubahan cuaca saat Anda keluar rumah. Jika sudah dingin, masukkan selimut ke dalam kereta dorong.
Jika anak Anda tertidur di luar ruangan, Anda dapat mengatur posisi kereta dorong lipat ke posisi berbaring agar bayi Anda dapat tidur dengan nyaman.
6. Jangan tinggalkan bayi Anda sendirian di kereta dorong kapan pun. Hal tersebut harus di lakukan, demi menjaga keselamatan bayi Anda saat di luar.
7. Ajari bayi Anda sejak dini untuk tidak memasukkan jari-jarinya ke dalam roda kereta.
8. Sebaiknya hanya bayi di bawah 6 bulan yang menggunakannya. Bayi di atas 6 bulan lebih baik tidak menggunakan kereta dorong, karena hal tersebut memungkin bayi Anda akan mengalami hal yang tidak di inginkan.
9. Jangan menggantungkan barang pada sandaran tangan kereta dorong, karena akan membuat kereta dorong tidak stabil pada pusat gravitasi dan terguling.
10. Setelah membeli kereta dorong, pastikan untuk memasangnya sendiri satu kali agar mengetahui apakah setiap bagiannya kokoh.
11. Orang tua harus ingat untuk tidak menggunakan kereta dorong secara berlebihan, karena akan menurunkan motivasi anak untuk berolahraga sehingga aktivitas olah raga anak menjadi berkurang, yang dapat menyebabkan obesitas berlebihan pada masa bayi dan anak usia dini.
Demi keselamatan bayi, pastikan untuk mengikuti tindakan pencegahan di atas dalam penggunaan kereta dorong bayi.