Memilih Meja Dan Kursi
Meja dan kursi TK merupakan furnitur yang paling banyak bersentuhan dengan anak-anak.
Sehingga hal ini dapat mempengaruhi kesehatan fisik, pembinaan postur duduk yang benar dan efisiensi belajar anak.
Berikut ini merupakan poin-poin penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli meja dan kursi TK:
1. Bahan aman dan tidak beracun
Anak TK mempunyai kesadaran dan resistensi perlindungan diri yang relatif rendah. Penggunaan furnitur yang berkualitas buruk akan secara langsung mengancam keselamatan dan kesehatan mereka. Oleh karena itu, dalam beberapa tahun terakhir, keamanan dan dampak lingkungan terhadap anak-anak telah dicantumkan sebagai syarat yang diperlukan oleh TK. Pasalnya, anak mudah terganggu dalam proses tumbuh kembangnya sehingga berdampak pada kesehatan dan perkembangannya.
Saat membeli meja dan kursi anak, tidak disarankan untuk memilih yang terbuat dari bahan plastik berkualitas rendah dan papan sintetis yang banyak menggunakan perekat. Namun sebaiknya memilih meja dan kursi yang terbuat dari bahan plastik ramah lingkungan atau kayu solid dengan cat berbahan dasar air dan minyak lilin kayu di permukaannya.
2. Hindari permukaan yang ujungnya tajam
Saat membeli meja anak, pastikan seluruh sudutnya sudah dibulatkan dan dipasivasi untuk mencegah anak terbentur atau tergores tepi meja, sehingga menimbulkan luka terbuka. Selain itu, hal ini juga dapat meminimalkan kerusakan pada meja.
3. Desain ketinggian harus masuk akal
Saat membeli meja anak, sesuaikan desain meja dan kursi TK dengan ketinggian yang berbeda-beda untuk memberikan kenyamanan bagi anak untuk belajar dan membantu tumbuh kembangnya.
4. Efek anti selip yang bagus dan stabil
Saat membeli meja anak, pastikan kaki meja memiliki desain anti selip dan stabilitas yang baik pada beberapa material lantai yang berbeda, sehingga tidak mudah membuat benda di atasnya jatuh karena benturan ringan. Begitu pula dengan kaki kursi, yang memiliki roda dan dapat digeser tidak cocok untuk anak-anak karena akan meningkatkan kemungkinan anak terjatuh. Selain itu, ketinggian, jarak, postur meja dan kursi yang tidak tepat dapat menyebabkan anak tidak nyaman, kelelahan, tidak dapat berkonsentrasi, bahkan lebih parahnya lagi anak menjadi miopia, postur tubuh rusak secara permanen, seperti punggung bungkuk dan skoliosis.
Berikut ini adalah tip untuk menjaga kualitas meja dan kursi TK:
- Meja harus ditempatkan di tempat yang cukup terang, jika meja dan kursi anak diletakkan menyamping, maka cahayanya harus datang dari sisi kiri.
- Meja dan kursi anak sebaiknya diletakkan bersandar pada dinding untuk memperluas ruang aktivitas anak.
- Hindari sinar matahari secara langsung atau meletakkan benda bersuhu tinggi di atas meja dan kursi anak, benda tersebut harus diletakkan di bawah bantalan insulasi panas agar tidak mengurangi masa pakainya.