Penggunaan Kacamata Hitam
Di musim panas, kacamata hitam lebih dari sekadar aksesori fesyen.
Kacamata hitam yang bagus dapat membantu melindungi mata Anda dari cahaya terik matahari dan radiasi ultraviolet.
Namun begitu banyaknya jenis produk kacamata hitam, berikut adalah tip cara memilih kacamata hitam yang tepat:
1. Indeks UV
Indeks UV adalah efek penyaringan sinar ultraviolet. Kacamata hitam dengan kemampuan 100% tahan UV dapat diketahui dari tanda UV400 pada lensanya, sedangkan kacamata biasa umumnya memiliki tanda UV360-380 dan kacamata ini tidak bisa digunakan sebagai pengganti kacamata hitam.
2. Warna lensa
Banyak orang mengira warna lensa berwarna hitam adalah yang terbaik, namun sebenarnya warna coklat tualah yang merupakan warna lensa kacamata hitam terbaik, karena dapat menyerap 98% sinar ultraviolet dan inframerah juga cahaya biru. Orang yang mengemudi atau sering bekerja di luar ruangan disarankan untuk membeli kacamata hitam berwarna coklat.
3. Bentuk kacamata
Bentuk kacamata hitam bermacam-macam, antara lain kacamata bingkai persegi, kacamata bingkai bulat, kacamata penerbang, kacamata mata kucing, kacamata traveler, dan lain-lain.
Memilih bentuk yang tepat ibarat memilih gaya rambut yang tepat, yang berdampak besar pada citra seseorang secara keseluruhan. Kacamata hitam persegi lebih cocok untuk wajah bulat dan dapat meningkatkan kesan kontur. Kacamata hitam berbingkai bulat cocok untuk wajah persegi dengan kontur menonjol.
4. Desain bingkai
Untuk melindungi mata Anda dari cahaya yang menyebar, lensa kacamata hitam harus lebih lebar dari sisi wajah dan pelipis. Untuk kacamata yang dikenakan saat berkendara, pelipisnya harus lebih tipis agar tidak menghalangi pandangan. Sebaiknya jangan membeli bingkai plastik sekali pakai, karena tidak dapat disesuaikan dengan pemakainya.
5. Bahan lensa
Terdapat beberapa pilihan bahan lensa kacamata hitam, yakni:
- Lembaran PC kuat, tidak mudah pecah, dan tahan terhadap benturan. Ini adalah bahan lensa yang dirancang khusus untuk kacamata olahraga dan harganya lebih tinggi daripada lensa akrilik.
- Lembaran kaca memiliki kejernihan yang sedikit lebih tinggi, namun berat dan mudah pecah dan jarang digunakan saat ini.
- Lembaran resin memiliki berat yang ringan, tahan suhu tinggi, tahan benturan yang kuat dan dapat memblokir sinar ultraviolet secara efektif.
Dan berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat kacamata hitam agar dapat bertahan lebih lama:
1. Bersihkan lensa dengan benar
Jika lensa terdapat noda, minyak atau sidik jari, gunakan tisu khusus lensa untuk menghilangkan debu atau kotoran pada lensa. Selain diseka, lensa juga harus sering dicuci dengan pembersih lensa. Jangan pernah menggunakan kuku Anda untuk menghilangkan noda pada lensa. Apabila terdapat butiran pasir pada lensa, harap bilas dengan air, lalu keringkan dengan kain atau kertas khusus untuk kacamata.
2. Mengambil dan menyimpan kacamata dengan benar
Kacamata hitam harus dilepas dengan hati-hati bila tidak digunakan dan simpan kacamata yang sudah dilipat dengan sisi lensa menghadap ke atas dalam kantong kacamata. Jangan simpan kacamata bersama benda keras atau bersudut untuk menghindari goresan pada lensa dan lingkungan yang terlalu dingin atau terlalu panas, karena dapat menyebabkan perubahan bentuk bingkai.
3. Jauhi bahan kimia
Usahakan untuk tidak mengenakan kacamata hitam Anda pada benda-benda yang mengandung bahan kimia seperti keringat, parfum, kosmetik, obat-obatan, dll, karena benda-benda tersebut dapat merusak lensa dan mengubah warna atau mengubah bentuk bingkai. Jika terkena bahan-bahan tersebut, harap cuci segera.