Ngarai Dunia
Ngarai adalah lanskap alam yang megah dan memukau secara visual.
Dengan begitu banyak Ngarai serupa di dunia, Ngarai mana yang paling menakjubkan? Hari ini kami akan memperkenalkan Anda pada Ngarai-Ngarai berikut ini.
1. Ngarai Besar Brahmaputra di Tibet
Di Himalaya, dimulai dari Gunung Kailash yang sakral, sebuah Grand Ngarai berkelok-kelok turun ke Sungai Brahmaputra di India Utara. Dengan kedalaman rata-rata 16.000 kaki (4.876 meter), Ngarai Besar Sungai Brahmaputra mengelilingi puncak-puncak Namcha Barwa. Pada satu titik, pada kedalaman 19.714 kaki (6.009 meter), sering dianggap sebagai Ngarai terdalam di Bumi. Bukan hanya kedalaman Sungai Brahmaputra yang mengesankan, tetapi Ngarai luas ini membentang sepanjang 150 mil (240 km) dan melintasi beberapa medan Tibet yang spektakuler. Sungai yang melalui ngarai ini terkenal bagi para pelaut air untuk kondisinya yang sulit dan telah mendapatkan julukan "Sungai Everest". Jadi, jika Anda seorang petualang namun takut ketinggian, mengunjungi Ngarai Besar adalah pilihan yang bagus.
2. Ngarai Capertee
Mari kita sekarang lihat Gua Capertee di Australia. Ini adalah Ngarai terbesar di Australia dan terkenal karena terasnya yang solid dan tebing batu pasir yang tinggi. Karena usianya, Ngarai Capertee tidak se dalam Ngarai lain dalam daftar ini, tetapi ukurannya besar. Ngarai Capertee 0,6 mil (1 km) lebih lebar dari Grand Ngarai. Di dasar Ngarai, Sungai Capertee menggerus batuan Permian dan Trias, batuan yang berasal dari jutaan tahun yang lalu. Orang-orang asli memiliki sejarah yang kaya di tanah ini, yang dapat dilihat melalui petroglif yang berusia 2.000 tahun di sini. Juga digali di sini adalah harta kuno, seperti berlian yang digali dari tambang-tambang terbengkalai. Seorang penambang menemukan 77 permata dalam 6 hari!
3. Grand Ngarai
Mungkin bukan Ngarai terbesar di dunia - meskipun banyak orang mengira begitu - tetapi 'Grand Ngarai di Arizona, Amerika Serikat, pasti yang paling terkenal. Kedalaman Grand Ngarai adalah 6.000 kaki (1.828 m) dan panjangnya 227 mil (445 km), dan tempat megah ini adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia alam. Geolog masih membahas bagaimana Grand Ngarai awalnya terbentuk. Teori terbaru adalah bahwa 17 juta tahun yang lalu, Sungai Colorado pertama kali mulai mengikis lapisan batuan untuk membentuk jalannya, kemudian terus berkembang dan mitologisasi saluran, menciptakan bentuk yang ada saat ini. Zaman Es juga mendorong pembentukan Ngarai. Pada saat itu, sungai memiliki lebih banyak air, mempercepat laju pengikisan Ngarai. Saat ini, sekitar 50.000 pengunjung dari seluruh dunia datang untuk mengunjungi Grand Ngarai setiap tahunnya.
4. Ngarai Sungai Fish di Namibia
Ngarai Sungai Fish di Namibia adalah Ngarai terbesar di Afrika. Sungai besar ini melewati dataran tinggi dan berliku-liku selama 100 mil (160 km). Ngarai berbatu, tetapi karena pemandangannya yang megah, telah menjadi daya tarik wisata populer - terutama untuk pendaki. Ngarai itu sendiri memiliki kedalaman 1.804 kaki (550 meter) dan membentang 17 mil (27 kilometer) di beberapa tempat. Meskipun sungai di dasar Ngarai Sungai Fish terbagi menjadi kolam dangkal sepanjang tahun, para pendaki perlu waspada terhadap banjir kilat pada akhir musim panas. Setiap tahun, Grand Ngarai menjadi tuan rumah maraton yang menguji peserta dengan jalur yang sulit dan kondisi ekstrem. Salah satu peserta mengatakan ini, "Ngarai ini bukan untuk yang lemah." Memiliki kesempatan untuk pergi ke Ngarai-Ngarai ini untuk meninggalkan jejak Anda!