Warna Mobil
Dengan berkembangnya industri otomotif dan kemajuan teknologi otomotif.
Pemilihan warna mobil bisa dibilang beragam, meski warna-warna ini menarik.
Putih tetap menjadi warna paling aman untuk mobil, dan juga menjadi pilihan utama di pasar otomotif untuk warna pada bodi mobil. Apalagi memilih warna bodi putih menawarkan beberapa keuntungan. Warna memiliki dampak khusus pada keselamatan mobil, dan berbagai data menunjukkan hasil yang sangat mirip yaitu mobil berwarna hitam memiliki tingkat kecelakaan tertinggi, kendaraan berwarna putih keperakan memiliki tingkat kecelakaan terendah, dan mobil berwarna putih berada di antara keduanya. Alasannya terletak pada rangsangan sistem visual dengan warna yang berbeda.
Hitam, abu-abu muda dan biru tua dianggap warna surut. Kendaraan melaju yang dicat dengan warna-warna ini dapat dengan mudah salah menilai jarak. Sebaliknya, warna seperti putih keperakan, putih, dan kuning merupakan warna maju. Kendaraan yang dicat dengan warna-warna ini memberikan persepsi kecepatan yang lebih luar biasa dan jarak yang lebih pendek dengan jarak dan kecepatan yang sama. Selain itu, mobil berwarna terang memiliki reflektifitas yang lebih besar, sedangkan mobil berwarna gelap memiliki atribut siluman dalam kondisi pencahayaan buruk, hampir seperti lubang hitam menyerap cahaya.
Selain itu, putih adalah warna yang meluas, sehingga saat di bawah kecerahan yang sama, warna putih tampak lebih menonjol dan lebih mudah dikenali terlebih dahulu. Makanya mobil berwarna putih silver lebih aman dibandingkan mobil berwarna hitam, namun apa bedanya jika lampunya dinyalakan?. Terlepas dari warna mobil, kecerahan lampu, seperti penanda, kabut, rem, lampu sein, dll., umumnya sebanding. Cukup menyalakan lampu belakang sebagai peringatan akan menjamin keselamatan dalam kondisi penerangan buruk.
Dalam berkendara di malam hari, perlukah kita memperhatikan warna mobil ketika lampu berfungsi sebagai peringatan? Demikian pula, saat berkendara di siang hari, tidak diperlukan peringatan warna karena sebagian besar kendaraan memiliki lampu berjalan siang hari yang mencolok. Data menunjukkan bahwa di beberapa wilayah Eropa, mewajibkan kendaraan untuk menyalakan lampu siang hari telah menyebabkan penurunan kecelakaan lalu lintas sebesar dua digit. Oleh karena itu, pencahayaan berfungsi sebagai mekanisme peringatan yang lebih efektif dibandingkan warna mobil. Belajar memanfaatkan lampu dengan benar adalah aspek yang paling penting.
Di bawah pengaruh pencahayaan, pengaruh warna mobil terhadap keselamatan tidak signifikan. Lalu mengapa produsen mobil begitu ingin mempromosikan mobil berwarna putih?
Pertimbangan pabrikan:
- Cat solid berwarna putih merupakan cat biasa, sedangkan warna hitam dan warna lainnya tergolong cat metalik. Cat metalik mengacu pada penambahan bubuk aluminium pada cat untuk meningkatkan kecerahan dan kekerasan. Biaya pembuatan cat metalik jauh lebih tinggi, dan proses penyemprotan lebih rumit.
- Cat putih solid memiliki biaya produksi yang jauh lebih rendah dan proses penyemprotan yang lebih sederhana. Sebuah mobil putih dapat menerima harga beberapa ratus yuan atau lebih tinggi daripada warna unik kelas atas. Oleh karena itu, mobil berwarna putih dianggap aman, luas, dan menarik secara visual.
Pertimbangan pemilik:
- Mobil berwarna putih lebih tahan terhadap kotoran. Mobil berwarna gelap seperti hitam cenderung memperlihatkan kabut pada permukaan cat meskipun sedikit berdebu, sedangkan warna dasar kendaraan berwarna putih tidak terlalu mencolok, sehingga sebagian debu kurang terlihat.
- Oleh karena itu, mobil berwarna putih bahkan lebih tahan kotoran dibandingkan mobil berwarna hitam. Namun, ada dua hal yang perlu diklarifikasi yaitu lapisan transparan kendaraan akan menua, dan penuaan akan menyebabkan kendaraan menguning. Tidak ada perubahan yang berarti jika mobil berwarna gelap dipadukan dengan sedikit menguning, sedangkan menguningnya lapisan bening pada mobil berwarna putih akan cukup terlihat.
- Namun, mobil berwarna putih lebih menarik perhatian burung. Karena warna putih memiliki kemampuan reflektif yang kuat, warna ini merangsang fungsi ekskresi burung. Data menunjukkan bahwa mobil berwarna putih memiliki lebih banyak kotoran burung dibandingkan mobil berwarna gelap. Kotoran burung dapat merusak cat mobil.
Jadi ,membeli mobil berwarna putih atau hitam tergantung pada kebutuhan spesifik pemiliknya.