Burung Pelikan Australia
Pelikan dewasa memiliki panjang sekitar 1,7 meter dengan rentang sayap hingga 3 meter, dan sayapnya kuat dan perkasa, mampu mengangkat tubuhnya yang besar ke udara dengan mudah.
Beratnya mencapai 13 kg, menjadikannya salah satu burung terbesar yang ada.
Paruhnya lebar dan lurus, lebih dari 30 cm panjangnya, dengan ujung paruh atas yang melengkung ke bawah dan berbentuk kait. Paruh bagian bawah terbagi menjadi dua cabang, di antaranya terdapat kapsul tenggorokan yang besar dan dapat diperluas. Kapsul kulit ini terbentuk dengan menghubungkan cangkang paruh bagian bawah dengan kulit, yang bisa ditarik mundur dengan bebas. Paruh dan kapsul tenggorokan yang besar membuat pelikan terlihat sangat berat di bagian atas.
Ketika pelikan berjalan di tanah mereka selalu bergoyang-goyang. Hal ini karena paruh besar pelikan sangat mengganggu. Pelikan adalah burung yang tajam penglihatannya, pandai berenang, dan terbang. Bahkan ketika terbang tinggi di langit, ikan yang berenang di air tidak bisa lolos dari pandangannya. Terkadang, kaki pelikan tidak bersatu saat terbang dan ia mengayunkan kakinya di udara dengan cara yang lucu.
Pelikan sebagian besar menghuni danau, sungai, daerah pesisir, dan rawa-rawa, pulau-pulau terpencil, laguna, dan kadang-kadang kolam dan bakau. Pelikan lebih suka hidup dalam kelompok. Setelah sekawanan pelikan melihat sekolah ikan di air, mereka akan segera mengikutinya dan kemudian mengatur diri dalam bentuk setengah lingkaran untuk mengepungnya. Mereka membuka sayap mereka dan menepuk air, memaksa ikan masuk ke air dangkal, dan kemudian membuka paruh besar mereka seperti penyaring untuk menangkap banyak ikan dan udang.
Burung pelikan Australia adalah yang terbesar dari delapan spesies pelikan yang ditemukan di dunia. Pelikan Australia adalah burung pantai besar, dengan panjang 1,6 - 1,9 meter dan berat 4 - 6,8 kg, dengan beberapa pelikan yang lebih besar memiliki berat hingga 8,2 kg. Pelikan Australia memiliki rentang sayap yang sangat besar, mencapai 2,5 - 3,4 meter. Betina sedikit lebih kecil dari jantan.
Bulu mereka berwarna putih, dengan sebagian besar bulu sayap mereka berwarna hitam dan bintik-bintik hitam di ekor mereka. Wajah pelikan Australia berwarna putih, dengan bagian belakang kepala dan sebagian leher berwarna abu-abu. Matanya berwarna cokelat dan kuning. Kaki dan kakinya berwarna abu-abu kebiruan dengan empat jari kaki berjari-jari. Pelikan Australia memiliki paruh besar berwarna merah muda terang.
Paruh raksasa mereka adalah yang terbesar dari semua burung di dunia, panjangnya 49 cm, dan dapat menampung 9 - 13 liter air. Ujung paruh raksasa memiliki kait kecil dengan gigi-gigi bergerigi yang digunakan untuk menangkap ikan yang licin. Mandibelnya terdiri dari dua tulang yang tipis dan lemah dengan kantong kecil menggantung darinya. Sulit membayangkan burung sebesar pelikan terbang, tetapi mereka bisa melakukannya dengan mudah karena kerangka mereka sangat ringan, hanya menyumbang 10% dari total berat badan mereka. Pelikan Australia adalah burung yang sangat mengapung dan tidak akan tenggelam ke dalam air. Namun, pelikan tidak memiliki banyak minyak tahan air pada bulu mereka, sehingga mereka bisa basah dan kedinginan.