Diet Rendah Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi penting.
Salah satu dari tiga makronutrien utama dalam makanan, bersama dengan lemak dan protein.
Karbohidrat tidak hanya memberi bahan bakar pada otak dan sel-sel di seluruh tubuh Anda, tetapi juga mengatur kesehatan pencernaan, nafsu makan, kadar kolesterol, dan banyak lagi. Banyak orang yang masih memilih membatasi asupan karbohidrat. Diet rendah karbohidrat dikaitkan dengan manfaat seperti peningkatan penurunan berat badan dan peningkatan kontrol gula darah.
Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari pada diet rendah karbohidrat.
1. Roti dan Sereal
Roti adalah makanan pokok di banyak budaya. Tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk roti gulung, bagel, dan roti pipih seperti tortilla. Namun, semua ini tinggi karbohidrat, baik yang terbuat dari tepung olahan atau biji-bijian.
Sebagian besar hidangan biji-bijian, termasuk nasi, gandum, dan oat juga tinggi karbohidrat dan perlu dihindari saat diet rendah karbohidrat.
2. Beberapa buah
Makan lebih banyak buah dan sayur telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung. Namun banyak
buah-buahan yang tinggi karbohidrat sehingga tidak cocok untuk diet rendah karbohidrat.
Oleh karena itu, sebaiknya batasi beberapa buah-buahan, terutama varietas manis atau kering, seperti:
Apel (1 kecil): 23 gram
Pisang (1 sedang): 27 gram
Kismis (28 gram): 23 gram
Kurma merah (2 besar): 36 gram
Mangga, diiris (1 cangkir): 25 gram
3. Sayuran Bertepung
Kebanyakan pola makan memperbolehkan asupan sayuran tanpa batas. Selain itu, banyak sayuran mengandung serat yang sangat tinggi, yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah, namun beberapa sayuran bertepung mengandung lebih banyak karbohidrat yang mudah dicerna daripada serat dan harus dibatasi atau dihindari dengan diet rendah karbohidrat. Ini termasuk:
Jagung (1 cangkir/165 g): 24 g
Kentang (1 sedang): 34 gram
Ubi jalar atau ubi (1 ukuran sedang): 27 gram
Bit matang (1 cangkir/170 g): 17 g
4. Semacam spageti
Meskipun pasta serbaguna dan murah, pasta ini sangat tinggi karbohidrat. 151 gram pasta matang mengandung 46 gram karbohidrat, sedangkan pasta gandum utuh mengandung 45 gram. Pasta bukanlah ide yang baik untuk diet rendah karbohidrat kecuali Anda hanya makan dalam porsi kecil, yang mungkin tidak realistis bagi kebanyakan orang.
5. Madu atau gula
Seperti yang mungkin Anda ketahui, jika Anda sedang menjalani diet rendah karbohidrat, Anda harus membatasi makanan tinggi gula seperti kue, permen, dan kue kering. Namun, Anda mungkin tidak menyadari bahwa gula dalam bentuk alami mengandung karbohidrat sebanyak gula putih. Faktanya, banyak dari mereka bahkan memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi jika diukur dalam sendok makan.
6. Keripik dan kue
Keripik dan kue adalah makanan ringan yang populer, tetapi karbohidratnya dapat bertambah dengan cepat. Satu porsi keripik tortilla seberat 28 gram (atau 10-15 keripik ukuran rata-rata) mengandung 19 gram karbohidrat.
Kandungan karbohidrat pada kue kering juga bervariasi menurut pengolahannya, bahkan biskuit graham pun mengandung sekitar 28 gram.