Kroisan
Kroisan adalah sejenis roti dengan kulit yang renyah.
Melalui serangkaian proses yang kompleks.
Mentega dibungkus dalam adonan, dan adonan serta mentega disusun berlapis-lapis dengan cara dilipat terus menerus untuk mencapai efek lembut.
Resep Kroisan tanpa kegagalan akan memberi tahu Anda resep dan proporsinya, dan Anda yang tertarik segera mulai mencobanya. Langkah-langkah spesifiknya adalah sebagai berikut:
1. Siapkan air dan dinginkan hingga suhu sekitar 10 derajat Celcius.
2. Timbang 500g tepung terigu dalam mangkuk, tambahkan garam, gula, telur, dan mentega lembut (microwave selama 30 detik) dan aduk rata.
3. Timbang 20g ragi bubuk, tambahkan 100g air murni pada suhu 100°C, lalu aduk hingga larut.
4. Buat lubang yang dalam pada campuran tepung, lalu tuang larutan ragi dan aduk hingga benar-benar terserap.
5. Kemudian tuangkan setengah (110g) air murni pada suhu 10℃ dan aduk rata. Aduk dan tuangkan sisa air hingga
benar-benar terserap oleh tepung.
6. Keluarkan adonan dari lemari es dan gulung menjadi persegi panjang 2:1.
7. Gilas mentega menjadi bentuk persegi berukuran ½ dan ratakan di atas adonan. Gulung separuh lainnya dan olesi dengan mentega.
8. Buka kembali adonan dan besarkan menjadi persegi panjang dengan perbandingan aspek 3:1.
9. Bagi adonan menjadi tiga bagian yang sama besar: Tumpuk bagian adonan pertama yang sama rata di atas bagian kedua yang sama rata. Gunakan kuas kecil untuk menghilangkan kelebihan tepung dari adonan, lalu lipat bagian ketiga dengan jumlah yang sama di atas bagian pertama.
10. Tutup adonan dengan plastik wrap. Keluarkan adonan dari lemari es dan buat kembali seperti semula, masih dilipat dua menjadi 3 bagian sama besar, lalu dinginkan selama 1 jam.
11. Ulangi untuk terakhir kalinya, lalu lipat menjadi 3 bagian yang sama dan dinginkan selama 1 jam.
12. Keluarkan adonan dari lemari es dan gunakan rolling pin untuk menggulung adonan menjadi persegi panjang dengan ketebalan 0,3 cm dan perbandingan aspek 4:1.
13. Potong sudut pancake persegi panjang pada sudut kanan dan lipat sisi panjangnya menjadi dua. Setelah adonan terbuka, potong menjadi dua bagian yang sama besar di sepanjang lipatannya.
14. Letakkan dua adonan tipis di atas satu sama lain. Gunakan pisau panjang untuk mengiris adonan secara merata menjadi segitiga sama kaki.
15. Kemudian gulung setiap segitiga sama kaki dari bawah ke atas ke dalam croissant dan letakkan adonan croissant di rak kawat yang dialasi kertas oven.
16. Letakkan loyang di dasar oven dan panaskan oven hingga 180 derajat. Sementara itu, olesi adonan telur yang sudah dikocok di atas adonan beragi.
17. Sebelum adonan dimasukkan ke dalam oven, tuangkan 50ml air ke dalam loyang yang sudah dipanaskan sebelumnya dan panggang selama 25 menit.
18. Terakhir, taburi kroisan dengan gula halus dan hiasi dengan sedikit buah.
Jadi, apa Anda menarik untuk membuat makanan yang manis ini?.