Macaw: Burung Ceria
Macaw, burung kakaktua terbesar dan paling berwarna-warni, memiliki kemampuan belajar kata-kata yang kuat dan sering dipelihara sebagai hewan peliharaan.
Macaw adalah burung Amerika tropis yang berasal dari hutan, terutama hutan hujan di Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.
Makanannya terdiri dari banyak buah dan bunga, yang sangat disukainya. Sarangnya biasanya berada di pohon di tepi sungai dan di lubang tebing. Mudah dijinakkan dan dapat hidup hingga 65 tahun, macaw juga bisa berbaur dengan spesies kakaktua lainnya. Beberapa dapat menirukan ucapan manusia, menjadikannya hewan peliharaan yang sangat menarik.
Tidak hanya dapat memberi teman bagi pemiliknya selama bertahun-tahun, tetapi juga bisa belajar berbicara untuk menghibur. Namun, seperti halnya dengan hewan peliharaan lainnya, merawat macaw membutuhkan tanggung jawab yang besar.
Dalam memilih tempat tinggal untuk macaw, pengasuh sering memilih kandang daripada kandang, karena ukurannya yang besar. Ada dua jenis tempat duduk yang umum, yaitu tipe gantung dan tipe vertikal.
Karena paruhnya yang kuat, tempat duduk burung harus terbuat dari logam atau pleksiglas. Perlu diingat bahwa batang pleksiglas tidak boleh terbuat dari logam karena akan menjadi dingin dan tidak nyaman bagi burung.
Agar kakaktua tidak rentan terhadap penyakit, batang tempat duduk harus dilindungi dengan tabung logam atau kawat ditekuk. Rantai tipis juga dapat digunakan untuk mencegah gantungan paruh kakaktua.
Untuk kesehatan burung, penting untuk menempatkan kotak kotoran di bawah rak dengan serbuk gergaji atau pasir untuk mencegah kotoran menempel langsung pada kayu. Dengan memperhatikan tekstur dan detail lainnya, pemilihan tempat tinggal untuk macaw harus memperhatikan kesehatan dan kenyamanan burung. Misalnya, tongkat tempat duduk sebaiknya tidak terbuat dari logam untuk menghindari masalah kesehatan.