Tips Bermain Catur
Catur merupakan salah satu permainan yang sangat populer di masyarakat. Bukan hanya sebagai permainan, catur sudah masuk ke dalam salah satu cabang olahraga yang sering dikompetisikan, baik tingkat lokal, nasional, hingga internasional.
Sebagai permainan yang mengasah otak dan penuh strategi, catur menjadi hiburan yang sangat menarik untuk dilakukan maupun disaksikan.
Dalam hal ini, dua peserta yang terlibat dalam permainan catur harus menyusun langkah sedemikian rupa untuk menjalankan buah catur di atas papan untuk memenangkan pertandingan. Tidak sembarangan, terdapat beberapa aturan yang menjadi pedoman khusus dalam menjalankan buah catur tersebut. Bahkan masing-masing buah catur mempunyai mempunyai karakteristik aturan yang berbeda saat dimainkan.
Dengan begitu, bagi para pemain pemula perlu mengetahui berbagai aturan yang berlaku agar dapat memahami cara bermain catur yang baik dan benar. Selain memahami aturan dasar, Anda juga perlu mengetahui strategi tertentu untuk memenangkan permainan, seperti strategi skakmat. Tentu ini menjadi informasi menarik bagi Anda yang sedang hobi bermain catur, baik untuk kompetisi maupun sebatas hiburan saja.
Selain mengetahui pedoman dasar dalam cara bermain catur, Anda juga bisa memperhatikan beberapa tips berikut agar dapat menjadi pemain catur yang hebat. Meskipun begitu, tetap diperlukan latihan secara rutin untuk mengasah kemampuan dan keterampilan dalam menyusun strategi kemenangan. Berikut ini akan kit ulas mengenai cara bermain dan strategi dalam bermain catur.
1. Susun Papan Catur
Permainan ini diawali dengan membuka papan catur yang terdiri dari kotak hitam dan putih.
Berikut ini susunan papan catur yang benar:
• Susun 8 pion pada kota baris kedua atau di depan.
• Pada sudut kiri dan kanan papan catur, letakkan banteng di masing-masing pojok.
• Lalu tempatkan kedua kuda di sebelah banteng tersebut.
• Setelah itu simpan gajah di samping masing-masing kuda.
• Menteri disimpan pada kotak yang tersisa sesuai warnanya.
• Sisa 1 kotak yang terakhir diisi oleh raja.
2. Pergerakan Bidak Catur
Pada langkah ini, kamu harus menyimak dengan baik apalagi jika baru pertama kalinya memainkan catur. Karena setiap bidak catur memiliki gerakan yang berbeda-beda.
Pemain catur wajib mengetahui pergerakan setiap jenis bidak catur.
Raja
Bidak ini harus benar-benar dilindungi dari serangan lawan. Pasalnya bidak ini merupakan urat nadi dalam permainan catur, jika Raja mati maka permainan berakhir.
Bidak catur Raja hanya bisa bergerak satu kotak ke segala arah, baik naik, turun, samping, maupun diagonal.
Menteri
Bisa disebut bidak catur ini merupakan bidak terkuat dalam permainan catur. Menteri bisa bergerak ke segala arah. Menteri juga mengombinasikan kekuatan gajah dan benteng, sehingga dianggap bidak paling berharga selain Raja.
Bidak ini berfungsi untuk menyerang area lawan maupun mempertahankan area bertahannya sendiri. Kamu harus menjaga bidak ini karena sangat berharga.
Kuda
Kuda bergerak dengan bentuk "L" yang terdiri dua kotak horizontal lalu satu kotak vertikal, atau satu kotak horizontal dan dua kotak vertikal, ke arah mana pun.
Bidak ini tergolong unik karena satu satunya bidak yang bisa melompati bidak lain. Kuda ini bisa dimanfaatkan untuk serangan tiba-tiba.
Gajah
Bidak catur ini hanya dapat bergerak secara diagonal baik ke kanan maupun ke kiri. Namun kelebihannya yakni ia bisa memiliki jangkauan yang jauh.
Gajah ini bisa dimanfaatkan pada posisi terbuka untuk menyerang.
Benteng
Bidak ini terlihat paling kokoh di antara yang lainnya. Pergerakan benteng bisa maju, mundur atau menyamping sejauh yang bisa dilakukannya. Benteng bisa menyerang buah yang berada di jalurnya.
Pion
Dalam permainan catur, jumlah pion yang ada dalam papan catur ada delapan. Mereka membentang di baris kedua barisan catur menjadi pilar utama penjaga bidak lain.
Pion hanya dapat melangkah satu kotak ke depan, kecuali pada langkah pertama yang dapat melangkah ke depan dua kotak. Pion tidak dapat bergerak dengan langkah mundur.
Pion hanya bisa memakan lawan yang ada di depannya secara diagonal.
3.Strategi dasar dalam bermain catur :
1. Lindungi raja
Raja dalam catur harus dilindungi sebaik mungkin karna bisa menjadi malapetaka jika Raja diserang. Tempatkan raja di tempat yang paling aman.
Selain itu sediakan juga kotak untuk raja agar dia bisa melarikan diri jika sewaktu-waktu diserang lawan.
2. Jangan menyerahkan buah catur begitu saja
Dalam permainan catur, usahakan untuk tetap menjaga buah catur dengan baik dan tidak diambil lawan dengan mudah. Sebab, setiap buah catur berharga yang dapat membantu Anda untuk menyusun strategi untuk memenangkan pertandingan. Terdapat beberapa nilai dari tiap catur yang bisa Anda gunakan sebagai pedoman untuk mengambil langkah, seperti memukul, melakukan pertukaran, atau menjalankan langkah lainnya, yaitu sebagai berikut:
• Pion bernilai 1
• Kuda bernilai 3
• Gajah bernilai 3
• Benteng bernilai 5
• Menteri bernilai 9
• Raja sangat berharga
3. Kuasai pusat papan
Usahakan untuk tetap mengendalikan pusat papan dengan perwira dan pion. Dengan mengendalikan pusat papan, Anda akan lebih leluasa dalam menggerakkan bidak dan akan mempersulit lawan menemukan petak yang baik untuk bidaknya.
4. Gunakan semua buah catur
Gerakkan semua buah catur, usahakan untuk mengembangkan langkah semua perwira sehingga ada banyak sumber daya yang dapat Anda gunakan saat menyerang raja lawan. Menyerang dengan satu atau dua perwira tak akan ampuh untuk melawan musuh.
Itulah cara dan strategi dasar dalam bermain catur.Semoga dapat membantu kalian yang baru ingin bermain olahraga mengasah otak ini.