Kamar Tidur Yang Nyaman
Orang-orang yang bekerja di kota, setiap hari harus beraktivitas full.
Sehingga saat mereka kembali ke kamar mereka, mereka kembali dengan tubuh mereka yang lelah.
Betapapun beratnya hari ini, selama masih ada tempat tidur yang menunggu, tubuh dan pikiran mempunyai tempatnya.
Berikut 10 tips menata ruangan mungil yang semoga dapat membantu Anda menciptakan suasana santai dan nyaman.
1. Biarkan lebih banyak sinar matahari masuk
Cahaya sangat penting untuk membuat ruang kecil menjadi lebih terang. Idealnya, biarkan cahaya alami membangunkan tubuh di pagi hari dan mengurangi cahaya di malam hari. Jika Anda memiliki kamar tidur kecil dengan pencahayaan yang kurang ideal, letakkan cermin secara strategis untuk memantulkan lebih banyak cahaya alami ke dalam ruangan.
2. Usahakan menempatkan furnitur dan dekorasi secara berpasangan
Furnitur dan dekorasi yang ditempatkan berpasangan akan menciptakan rasa simetri dan keseimbangan. Misalnya, dua meja samping tempat tidur yang masing-masing dilengkapi lampu samping tempat tidur akan menciptakan kesan simetri dan harmoni.
3. Gunakan warna yang lebih terang sebagai warna utama ruangan
Warna yang lebih terang dapat membuat ruangan lebih besar dan menciptakan suasana yang menenangkan dan menenangkan. Jika menurut Anda semuanya terlalu hambar, kami sarankan untuk menambahkan warna melalui karya seni dan dekorasi. Namun tetap pastikan ada warna utama yang menyatu, warna yang terlalu jumpy untuk sisa kamar tidur kurang sesuai.
4. Letakkan tempat tidur dengan tepat
Agar ruangan kondusif untuk istirahat, letak tempat tidur menjadi penting. Disarankan agar tempat tidur diletakkan bersandar pada dinding kokoh, bukan di bawah jendela. Apalagi tirai yang melayang akan membuat orang tidur gelisah.
5. Pertahankan elemen dasar ruangan
Jika ruangan tidak terlalu besar, pilihlah furnitur berukuran kecil yang Anda butuhkan semaksimal mungkin agar aliran energi dalam ruangan tetap maksimal.
6. Cermin tidak boleh menghadap tempat tidur
Banyak orang mengetahui bahwa cermin tidak dapat menghadap tempat tidur, terutama karena cermin akan membiaskan cahaya ke posisi istirahat Anda, dan berbaring di tempat tidur pada malam hari untuk melihat bayangan yang dipantulkan
di cermin, mudah menimbulkan kegelisahan, sehingga tidak kondusif untuk tidur nyenyak.
7. Mengurangi beban
Untuk meningkatkan energi baik, sangat penting untuk menjaga ruangan Anda tetap rapi dan teratur. Hapus item yang berlebihan dan simpan hanya yang Anda perlukan atau sukai.
8. Membagi ruang
Gunakan permadani, tirai, dan partisi untuk memisahkan ruang tidur Anda secara visual dari area lain yang lebih aktif.
9. Menyeimbangkan panca indera
Tenangkan kelima indra Anda. Misalnya, alas tidur empuk, aromaterapi, warna lembut, sebotol limun, dan mesin white noise (yang mengeluarkan suara seperti ombak, hujan, dan suara bantu tidur lainnya).
10. Hindari sudut tajam
Bila memungkinkan, gunakan pinggiran yang lembut, seperti sudut kepala tempat tidur yang membulat, agar terlihat lebih nyaman dan aman.