Bunga Calla Lily
Calla lily ungu adalah ramuan abadi milik keluarga Calla lily.
Bunga dan daunnya berwarna ungu cerah sehingga menjadi tanaman hias yang sangat indah.
Berikut penjelasan detail tentang calla lily ungu:
1. Karakteristik penampilan
Cella lily ungu memiliki rimpang mendatar dan berdaging dengan penampakan seperti tapal kuda, oleh karena itu dinamakan calla lily. Helaian daun berbentuk bulat atau hati, panjang tangkai daun mencapai 30 cm, permukaan daun berwarna ungu tua, dan punggung daun berwarna lavender. Bunganya berwarna ungu atau ungu tua-merah, dengan diameter sekitar 5 cm dan kelopak lebar, tebal.
2. Lingkungan berkembang
Calla lily ungu suka tumbuh di lingkungan yang lembab dan menyukai lingkungan yang cerah dan berventilasi baik. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak tanah dan dapat ditanam di tanah yang tidak subur, tetapi sebaiknya di tanah berawa atau berlumpur yang kaya bahan organik.
3. Nilai gizi
Calla lily ungu tidak hanya merupakan tanaman hias yang indah tetapi juga memiliki khasiat obat. Rimpangnya kaya akan pati, protein, gula, dan nutrisi lainnya, dan dapat digunakan sebagai tanaman yang dapat dimakan dan obat. Calla lily ungu berkhasiat menghilangkan panas dan detoksifikasi, melembapkan paru-paru dan meredakan batuk, menghilangkan kelembapan dan diuresis, serta sering digunakan untuk mengobati batuk, dahak, edema, dan gejala lainnya.
4. Metode budidaya
Calla lily ungu dapat diperbanyak dengan biji, stek, dan lain sebagainya. Selama proses penanaman, perlu dilakukan perawatan agar tanah tetap lembab dan hindari merendam rimpang dengan air. Bunga calla lily ungu tumbuh dengan cepat dan mudah menyebar sehingga perlu dikontrol dengan baik.
Bunga Calla lily perlu tumbuh di lingkungan yang cerah. Cahaya harus dipertahankan selama 3-5 jam sehari dan dapat diperpanjang selama periode pembungaan. Hindari sinar matahari langsung, terutama di musim panas, ketika diperlukan naungan yang tepat untuk menghindari daun terbakar. Sangat cocok tumbuh di lingkungan antara 15℃ dan 25℃. Suhu yang terlalu tinggi akan menyebabkannya tidak aktif dan perlu didinginkan dengan baik, Anda bisa menyemprotkan air
ke dedaunan.
Calla lily ungu merupakan tanaman hias yang sangat indah, jika anda menyukai tanaman ini anda bisa mencoba menanamnya di rumah. Perlu diingat bahwa bunga calla lily juga beracun, jika tertelan secara tidak sengaja karena dapat mengakibatkan reaksi toksik, sehingga diperlukan kehati-hatian.