Manfaat Menyisir Rambut
Memiliki rambut sehat dan tampak indah merupakan impian bagi setiap orang. Tidak heran bila banyak orang yang sengaja menghabiskan waktu di salon untuk merawat rambut.
Namun, perawatan di salon akan kurang maksimal ketika kamu tidak terampil menyisir rambut dengan cara yang benar.
Kebanyakan orang menggunakan sisir untuk membuat rambut menjadi rapi. Selain membuat rambut menjadi tertata rapi, ada beberapa manfaat lain, seperti menghilangkan kotoran hingga melancarkan aliran darah.
Nah, simak manfaat serta cara menyisir rambut dengan benar berikut ini!
-. Melancarkan Aliran Darah
Dengan menyisir rambut, teman-teman juga bisa melancarkan aliran darah di kepala, lho. Hal ini terjadi karena gigi-gigi pada sisir akan memberikan pijatan kecil pada kulit kepala.
Pijatan dari sisir itu akan membantu aliran darah di area kulit kepala menjadi lancar. Bahkan cara itu akan meningkatkan pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat.
-. Mencegah Rambut Rontok
Meyisir rambut secara teratur dengan sisir dapat meningkatkan aliran darah dari kulit kepala ke rambut. Ini juga meningkatkan nutrisi dan pertumbuhan rambut untuk membuat rambutmu panjang dan tebal.
Menyisir juga dapat meningkatkan sekresi minyak atau sebum alami yang membantu kondisi rambut dan membuatnya halus. Selain itu, juga mencegah rambut rontok dan menjaga rambutmu agar tidak berminyak atau kurang gizi.
-. Membuat Rambut Lebih Tebal
Sebagian orang (mungkin merasa takut untuk menyisir rambut dikarenakan khawatir rambutnya menjadi rontok. Asumsi tersebut sejatinya tidak benar karena yang terjadi adalah justru sebaliknya. Menyisir rambut diklaim dapat membuat rambut menjadi lebih tebal, alih-alih rambut tipis karena rontok. Hal ini karena pada saat kamu menyisir rambut, folikel rambut menjadi lebih aktif sehingga merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.
-. Menambah Kilau Rambut
Tahukah kamu bahwa memiliki rambut yang sering disisir dengan benar ternyata bisa membantu membuat rambut semakin berkilau.
Begini, manusia umumnya memiliki kelenjar sebaceous yang terletak di folikel rambut. Kelenjar ini menghasilkan minyak alami rambut yang membantu melicinkan kulit kepala.
Menyisir rambut membantu mengalirkan minyak alami secara merata, mulai dari akar rambut hingga ujungnya. Inilah yang membuat rambut tampak lebih sehat dan berkilau.
-. Membersihkan Kotoran pada Rambut
Kotoran yang menempel rambut, entah itu debu atau ketombe sekalipun, tentunya membuat rambut terasa tidak nyaman, pun bisa berakibat pada kondisi rambut kering, kusut, dan gatal. Nah, manfaat menyisir rambut adalah untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut agar tidak hinggap terlalu lama di rambut maupun kulit kepala. Sisirlah rambut secara halus dan perlahan sampai kotoran yang menempel di rambut berjatuhan. Imbangi juga dengan cuci rambut secara rutin agar hasilnya maksimal.
Tips Menyisir Rambut yang Benar
Beberapa dari kamu mungkin menganggap sering menyisir rambut akan menghasilkan rambut yang lebih rapi dan sehat. Namun, kamu perlu mempertimbangkan kembali anggapan ini.
Pasalnya, rambut yang terlalu sering disisir, terutama ketika kamu menyisirnya terlalu kencang, bisa menyebabkan kerontokan rambut.
Idealnya, kamu bisa melakukan kebiasaan ini setidaknya dua kali dalam sehari, misalnya di pagi dan malam hari. Cara ini diyakini lebih efektif meratakan minyak alami pada kulit kepala.
Jadi untuk menyisir rambut, teman-teman perlu memilih jenis sisir yang sesuai dengan jenis rambut.
Bila memiliki rambut lurus, gunakan sisir dengan gigi sempit, sedangkan rambut bergelombang gunakan sisir bergigi lebar.
Hindari memulai dari bagian akar rambut karena akan membuat kusut. Mulailah menyisir dari ujung-ujung rambut, baru menyisir di kulit kepala. Lalu hindari menyisir rambut dalam kondisi basah karena akan rentan patah.
Teman-teman bisa menyisir rabut saat dalam keadaan setengah kering dan gunakan jari tangan untuk mengatasi rambut yang kusut.