Daya Tarik Pickleball
Menurut data dari American Sports and Fitness Industry Association.
Pickleball telah menjadi olahraga dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Serikat selama tiga tahun berturut-turut.
Dengan pertumbuhan mencengangkan sebesar 158,6% selama tiga tahun. Menurut CNBC, jumlah pemain Pickleball
di Amerika Serikat melebihi 36 juta pada tahun 2022, setara dengan lebih dari 1 dari 10 orang Amerika yang bermain Pickleball. Dengan melonjaknya popularitas Pickleball di Amerika Serikat selama dua tahun terakhir, berbagai investasi dan kompetisi profesional bermunculan. Selebriti dari semua lapisan masyarakat di Amerika Serikat telah bergabung dengan tren ini, semakin membuktikan popularitas dan prospek olahraga ini.
Asal Usul Pickleball
Pada tahun 1965, terdapat tiga keluarga sedang mengadakan pertemuan keluarga di hari hujan di Pulau Bainbridge, Washington, AS. Salah satunya, Joel Pritchard, anggota kongres, ingin menghibur sekelompok anak-anak yang bosan setelah hujan reda. Dia mengambil dua raket dan bola plastik whiffle dan memanggil semua anak dari pertemuan itu
ke lapangan bulu tangkis halaman belakang, menurunkan jaring ke pinggangnya. Mereka mulai bermain sembarangan.
Baik orang dewasa maupun anak-anak menjadi antusias dengan permainan tersebut. Joel dan tetangga lain yang berkunjung, Bill, segera mengundang tuan rumah pertemuan, Tuan Barney McCallum, untuk berkolaborasi dalam menetapkan peraturan dan sistem penilaian olahraga baru ini.
Awalnya mereka menggunakan raket pingpong untuk bermain, namun lama kelamaan rusak. Barney kemudian secara pribadi membuat prototipe raket untuk Pickleball di ruang bawah tanahnya menggunakan papan kayu, memastikan daya tahan. Mereka kemudian mereferensikan karakteristik, teknik, dan metode penilaian tenis, bulu tangkis, dan ping-pong untuk menetapkan aturan awal Pickleball.
Saat orang-orang terus bermain dan menikmatinya, mereka mengundang kerabat, teman, dan tetangga untuk bergabung. Melalui promosi dan liputan media selama beberapa dekade, olahraga baru, mudah, dan menyenangkan ini secara bertahap menjadi populer di seluruh Amerika Serikat.
Nama “Pickleball”
Salah satu penemunya, Tuan Barney McCallum, dan teman tetangganya, Dick Brown, masing-masing memiliki sepasang anak anjing kembar yang menggemaskan. Saat bermain di halaman belakang, kedua anak anjing ini kerap mengejar dan menggigit bola yang menggelinding. Awalnya olah raga baru ini belum mempunyai nama, dan ketika sering ditanya nama olah raga baru ini, mereka tidak bisa menjawab.
Suatu hari, orang dewasa dari tiga keluarga berkumpul lagi untuk memikirkan sebuah nama. Mereka melihat anak anjing lucu, Lulu dan Pickle, mengejar bola plastik di halaman belakang. Joel terinspirasi dan mengusulkan untuk menamai olahraga tersebut dengan nama anjing McCallum” Pickle “ yang mendapat persetujuan bulat dari semua yang hadir.
Sejak saat itu, permainan bola baru ini memiliki nama yang menyenangkan, bergema, dan berkesan, Pickleball. Menariknya, di beberapa kompetisi Pickleball di Amerika Serikat, pemenangnya memang berhadiah sebotol acar yang selalu mengundang senyuman saat upacara penghargaan.
Pesona Pickleball
Pickleball sering dianggap sebagai kombinasi ping-pong, bulu tangkis, dan tenis. Ini mewarisi kekuatan ketiga olahraga ini sambil menghindari kekurangannya, mencapai kombinasi organik antara partisipasi, kesenangan, dan atletis, menjadikannya sempurna untuk dimainkan oleh orang biasa.
Aturan Pickleball mirip dengan tenis, tetapi bola tenis terlalu berat dengan pantulan yang signifikan, sehingga menyulitkan pemula untuk mengontrol kekuatan dan arah pukulan. Pickleball menggunakan bola plastik berongga dengan pantulan rendah, sehingga memudahkan orang awam untuk memulai.
Untuk lebih menurunkan hambatan masuk, Pickleball telah merancang banyak peraturan baru yang berbeda dari tenis. Misalnya, pemain tidak diperbolehkan melakukan servis di atas kepala, bola harus memantul satu kali di setiap sisi lapangan setelah servis sebelum melakukan tendangan voli ke arah net, dan pemain tidak boleh melakukan tendangan voli terlalu dekat dengan net selama permainan. Aturan ini dirancang untuk meningkatkan jumlah titik temu, sehingga peserta dapat menikmati lebih banyak kesenangan.