Buah Beri Bagi Kesehatan
Buah beri adalah buah yang berair dan berdaging.
Meskipun sering diabaikan, buah ini ada di mana-mana dalam kehidupan kita sehari-hari.
Buah beri yang umum seperti stroberi, anggur, dan blueberry tidak hanya berbeda rasanya tetapi juga menawarkan manfaat kesehatan yang unik. Mari kita jelajahi manfaat kesehatan yang berbeda dari buah beri yang biasa dikonsumsi ini.
1. Stroberi: Pencegahan Kanker
Stroberi, dengan tampilannya yang berbentuk hati, rona merah cerah, dan dagingnya yang berair, memancarkan aroma buah yang unik. Nilai gizinya yang tinggi, stroberi kaya akan vitamin C, membantu pencernaan, dan meningkatkan kesehatan gusi sekaligus menyegarkan napas dan menenangkan tenggorokan. Kandungan asam tanatnya menunjukkan sifat antikanker, sedangkan senyawa kimia asam ellagic dalam stroberi segar menghambat pembentukan sel kanker.
2. Anggur: Penurunan Tekanan Darah
Anggur yang terkenal dengan rasanya yang nikmat dan kandungan nutrisinya yang tinggi, mengandung gula terutama dalam bentuk glukosa yang mudah diserap oleh tubuh. Mereka juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, fosfor, zat besi, berbagai vitamin, dan asam amino esensial. Konsumsi secara teratur, termasuk kismis, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan flavonoid yang memiliki efek menurunkan tekanan darah.
3. Blueberry: Perlindungan Jantung
Blueberry, yang kaya akan nutrisi seperti vitamin, protein, mineral, dan antosianin tingkat tinggi, menawarkan nilai gizi yang luar biasa. Mengonsumsi tiga porsi blueberry per minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga sepertiga dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi sebesar 10%, berkat antosianinnya yang meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan hipertensi.
4. Cranberry: Kesehatan Kandung Kemih
Cranberry, kaya akan vitamin C, flavonoid, dan pektin yang melimpah, berkontribusi pada perawatan kulit, meringankan sembelit, membantu pembuangan racun, dan pengurangan lemak. Konsumsi cranberry yang rendah akan kalori secara teratur dapat menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang sehat. Cranberry dapat mengobati infeksi saluran kemih dengan melawan bakteri penyebab infeksi dengan mencegah menempelnya bakteri pada dinding kandung kemih dan uretra.
5. Blackcurrant: Mengurangi Kelelahan Mata
Blackcurrant, kaya akan antosianin, vitamin C, dan polisakarida, memiliki sifat antioksidan kuat yang efektif melawan penuaan. Antosianin dalam blackcurrant meredakan kelelahan mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer berlebihan dan meningkatkan adaptasi gelap. Blackcurrant melampaui buah-buahan lain seperti blueberry dalam kandungan vitamin, elemen pelacak, dan antioksidan.
6. Raspberry: Perlindungan Sendi
Raspberry mengandung polifenol dan antosianin, di antara zat-zat lainnya. Asupan harian 120 miligram ekstrak raspberry selama 30 hari secara signifikan mengurangi peradangan arthritis dan kerusakan tulang rawan, sehingga mengurangi risiko osteoporosis. Daun raspberry kaya nutrisi dan menunjukkan efek antioksidan, antikanker, anti-lipid peroksidasi, dan
anti-penuaan.
7. Blackberry: Peningkatan Memori
Blackberry kaya nutrisi, kaya akan asam amino esensial dan elemen pelacak, meningkatkan pembekuan darah, menunda penuaan, meningkatkan kekebalan, meningkatkan metabolisme otak, dan menurunkan tekanan darah, lipid darah, dan mencegah aritmia. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak blackberry dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan memori melalui sifat antioksidan dan anti-inflamasi, memfasilitasi komunikasi saraf dan peningkatan kognitif.
Kesimpulannya, memasukkan beragam buah beri ke dalam makanan Anda dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan diri Anda. Jadi, lain kali Anda ingin camilan, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa buah beri ke piring Anda dan nikmati rasanya yang lezat serta segudang manfaat yang ditawarkannya bagi kesehatan Anda.