Fakta Kucing Odd Eye
Ada beberapa kucing unik yang terlahir langka karena kondisinya, salah satunya kucing odd eye.
kucing odd eye adalah kucing yang memiliki sepasang mata yang berbeda warna antara satu dan lainnya. Namun, apa yang menyebabkan mata kucing ini berbeda warna? Ternyata adanya perbedaan pada warna mata kucing tersebut disebabkan oleh adanya kelainan genetik di matanya. Kondisi ini bisa terjadi karena terdapat perbedaan lapisan melanin di mata kucing. Pada seekor kucing, biasanya proses pigmentasi berjalan dengan seiring waktu karena kucing tersebut dilahirkan dalam keadaan buta. Namun, pada kasus ini, salah satu mata berhenti dalam proses pigmentasi sehingga menyebabkan munculnya mata dengan warna yang berbeda. Selain itu, umumnya warna mata kucing odd eye ini emas atau warna tembaga dan biru. Jarang sekali ditemukan warna lainnya selain warna tersebut. Mungkin ada warna lainnya tetapi kasus tersebut akan sangat sulit sekali untuk ditemukan.
Berikut ini fakta kucing odd eye:
1. Terlahir karena kelainan genetik
Perbedaan warna mata kucing odd eye disebabkan oleh adanya kelainan genetik pada mata. Keadaan ini terjadi karena adanya perbedaan lapisan melanin pada mata kucing. Pada seekor kucing, proses pigmentasi mata biasanya berjalan bersamaan seiring berjalannya waktu karena kucing terlahir dalam kondisi buta. Tapi pada kasus kucing odd eye, salah satu mata berhenti mengalami pigmentasi sehingga memunculkan warna mata yang berbeda. Biasanya warna mata yang dimiliki oleh kucing odd eye adalah biru, emas, atau warna tembaga.
2. Kondisi odd eye bisa muncul pada kucing dengan warna selain putih
Kebanyakan orang mengira bahwa hanya kucing putih lah yang bisa terlahir dengan kondisi warna mata berbeda. Tetapi anggapan ini juga salah karena kelainan ini ternyata bisa ditemukan pada kucing dengan warna lain.
3. Dilestarikan di Turki
Di Turki, kucing odd eye dianggap sebagai kucing yang istimewa dan dilestarikan oleh pemerintah di sana. Bahkan, kucing odd eye putih pernah dijadikan sebagai simbol saat pelaksanaan kejuaraan basket internasional.
4. Mitos seputar gangguan pendengaran
Banyak orang yang beranggapan kalau semua kucing odd eye terlahir tuli atau tidak bisa mendengar. Mitos ini muncul karena adanya cacat genetik pada kucing putih. Beberapa kucing putih memang memiliki cacat genetik berupa tuli bawaan yang disebabkan oleh degenerasi pada telinga bagian dalam. Namun anggapan tersebut ternyata salah karena sekitar 60-70 persen kucing odd eye dapat mendengar dengan baik.
5. Termasuk Kucing Langka
Kucing odd eye ini termasuk ke dalam kucing yang langka sebab jarang sekali ditemukan. Hal ini yang menjadikan kucing odd eye sangat spesial dibandingkan dengan kucing pada umumnya. Selain memiliki warna yang berbeda menjadikannya terlihat sangat misterius. Langkanya kucing odd eye ini pula menambah daya tarik nya sendiri untuknya di mata pecinta kucing. Bagi kamu yang memiliki kucing dengan mata beda warna, ini berarti kamu sangat beruntung karena tentu saja tidak semua orang bisa memilikinya.
6. Harga Yang Lumayan Mahal
Tentu saja harga dari kucing misterius dengan penuh karismatik ini cukup mahal di pasaran karena banyak sekali peminat dari jenis kucing ini. Lantas, berapa harga kucing odd eye? Nah, untuk harga dari anakan kucing mata biru sebelah kuning ini saja bisa mencapai 1,5 juta hingga 6,6 juta rupiah tergantung dari ras kucing tersebut seperti apakah persia, anggora, ataukah domestik (kampung). Perawatan untuk kucing odd eye ini sendiri sama dengan perawatan kucing yang lainnya. Yang perlu kamu perhatikan saat ingin merawat kucing ini adalah membeli makanan yang cocok dengan kucing odd eye, kesehatan dan kebersihan tubuhnya. Si kucing misterius ini memang penuh dengan karismatik yang mempunyai banyak sekali mitos dan sulit ditemukan maka dari itu harganya pun menjadi sangat mahal.
Nah itu dia 6 fakta kucing odd eye. Semoga bermanfaat!