Danau Salar De Uyuni
Salar De Uyuni di Bollivia keindahan alam yang luar biasa tercipta oleh proses alam selama bertahun-tahun tanpa campur tangan manusia.
Salar de Uyuni terletak di Provinsi Potosi dan Oruro, pegunungan Andes, Bolivia. Setiap bulan November, danau yang memiliki lapisan garam tebal dan memanjang ini menjadi tempat hunian bagi spesies burung flamingo. Salar de Uyuni memiliki dimensi luas sekitar 10582 kilometer persegi dengan ketinggian 3650 meter di atas permukaan laut (mdpl). Bila diukur, danau ini mengandung 10 miliar ton garam. Salar De Uyuni adalah danau garam terbesar di dunia dengan luas keseluruhan 4.086 kilometer persegi. Berada di bagian Utara pengunungan Andes dengan ketinggian 3.650 meter diatas permukaan laut.
Tumpukan garam yang bertemu air hujan membuat tempat ini menjadi seperti cermin raksasa, menghasilkan panorama yang istimewa. Disini bisa dilihat seolah olah ujung langit dan bumi bertemu. Panorama inilah yang membuat Solar De Uyuni Banyak dikunjungi tourist dari berbagai belahan dunia. Banyak yang mengira danau Salar de Uyuni merupaka danau buatan manusia, padahal danau ini terbentuk dari danau purba, Danau Salar de Uyuni terbentuk dari gabungan beberapa danau purba, salah satunya adalah danau purba bernama Minchin. Danau Minchin adalah danau purba yang pernah menutupi sebagian besar bagian barat daya Bolivia sekitar 40.000 hingga 25.000 tahun yang lalu.
Berasal dari danau purba raksasa yang mengering dan menyisakan dua danau kecil yang sampai saat ini masih ada, kedua danau tersebut adalah danau Poopo dan danau Uru Uru. Pengeringan danau raksasa ini bukan karena air mengalir tapi karena proses penguapan yang terjadi bertahun tahun hingga kandungan mineral yang terkandung dalam air hujan dan air danau ini menjadi hamparan garam yang sampai ribuan kilometer persegi luasnya. Keringnya danau purba ini disebabkan oleh proses penguapan selama bertahun-tahun. Karena tidak ada aliran sungai, maka garam yang tidak ikut menguap akhirnya memenuhi dasar danau kering tersebut yang kini dikenal sebagai Salar de Uyuni.
Fenomena cermin langit raksasa biasanya bisa disaksikan pada Bulan Desember hingga Februari. Hujan yang turun dan menggenangi padang garam menjadikan Salar de Uyuni bagaikan cermin raksasa. Air yang menggenangi padang garam mampu memantulkan semua di cakrawala. Mulai dari birunya langit, pergunungan Andes, awan putih, burung flamingo, mobil, atau manusia, semua bisa dipantulkan dengan begitu baik di sini. Untuk menuju ke Salar de Uyuni, para traveler bisa memesan tiket masuk melalui agen travel secara online. Cara lain bisa memilih paket tur yang tersedia dengan langsung datang ke beberapa kantor agen perjalanan wisata di Kota La Paz atau Uyuni. Jakar tempuh dari La Paz ke Uyuni memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan.
Demikian informasi mengenai salar de uyuni. Semoga bermanfaat!