Menanam Jeruk Calamondin
Hai Lykkers, Anda pasti menyukai Pohon Calamondin!
Buahnya seperti campuran jeruk mandarin dan kumquat, menghasilkan “jeruk mini” yang luar biasa dan sangat lezat.
Terdapat juga bagian terbaiknya yaitu Anda bisa menanamnya di dalam wadah atau sebagai pagar. Masih ada lagi! Pohon Calamondin tidak hanya wanginya luar biasa tetapi juga menghasilkan banyak bunga dan buah sepanjang tahun.
Buahnya sendiri seperti sinar matahari kecil, seukuran jeruk nipis atau jeruk keprok, dengan kulit super tipis yang membuatnya ekstra empuk. Dan dari segi rasa, rasanya pas – sedikit tajam, cocok untuk membuat selai jeruk, jus, dan menambah rasa pada masakan atau kue Anda.
Info Penyerbukan
Pohon Calamondin subur, jadi Anda akan mendapatkan buah hanya dengan satu tanaman. Namun, menambahkan Pohon Calamondin tambahan akan meningkatkan ukuran tanaman Anda secara drastis.
Penanaman & Perawatan
1. Lokasi:
Pilih tempat di mana pohon Anda mendapat banyak sinar matahari, sekitar 6 hingga 8 jam per hari. Pastikan area tersebut memiliki tanah yang memiliki drainase yang baik.
2. Penanaman Kontainer:
– Pemilihan Pot: Pilih pot yang sedikit lebih besar dari wadah yang dikirim, dengan banyak lubang di bagian bawah untuk drainase.
– Tanah: Gunakan tanah pot yang memiliki drainase yang baik, sebaiknya tanah yang direkomendasikan untuk tanaman jeruk yang menyukai asam.
3. Langkah Penanaman:
– Isi setengah pot Anda dengan tanah.
– Keluarkan pohon dari pot aslinya dan letakkan perlahan di dalam tanah pot.
– Isi sekeliling pohon dengan sisa tanah pot, sisakan sekitar satu inci dari permukaan tanah hingga tepi pot agar mudah disiram.
– Segera setelah penanaman, sirami pohon Anda secara mendalam hingga air mengalir dari lubang di dasar pot.
4. Penempatan:
Tempatkan pohon Anda di area rumah Anda, sebaiknya di jendela yang menghadap ke selatan, yang mendapat banyak sinar matahari.
5. Pemupukan:
Beri makan Calamondin Anda selama musim semi dan musim panas yang hangat dengan pupuk khusus jeruk, setiap enam minggu sekali. Selama musim gugur dan musim dingin, beri pupuk setiap 2 hingga 3 bulan sekali.
FAQ
FAQ tentang Jeruk Calamondin
- Apakah Jeruk Calamondin dapat dimakan?
Ya, Jeruk Calamondin dapat dimakan dan memiliki rasa asam dan tajam.
- Apakah Calamondin termasuk kumquat?
Calamondin adalah persilangan antara kumquat dan mandarin, jadi bisa dibilang, Calamondin adalah sejenis kumquat.
- Seberapa cepat Pohon Jeruk Calamondin tumbuh?
Calamondin adalah petani moderat. Dalam kondisi ideal, mereka tumbuh sekitar beberapa kaki per tahun.