Ragam Jenis susu
Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang memiliki segudang manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan pada anak.
Susu adalah minuman cair yang memiliki gizi serta nutrisi tinggi yang biasanya dihasilkan dari kelenjar susu, baik pada manusia ataupun pada hewan mamalia. Namun beberapa tumbuhan juga bisa diolah menjadi susu yang memiliki nutrisi dan nilai gizi seperti susu pada umumnya. Baik orang dewasa atau pun bayi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi susu, sebagai penunjang nutrisi harian. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam tubuh sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan dapat memberikan manfaat yang berlimpah bagi kesehatan.Namun, ada sebagian orang yang tidak bisa mengonsumsi susu dikarenakan memiliki alergi terhadap salah satu kandungannya.
Berikut jenis susu yang perlu kamu ketahui:
1. Whole milk atau Fresh milk
Susu yang sering disebut susu murni ini merupakan hasil perahan sapi yang tidak dikurangi, serta ditambahkan bahan apapun. Susu ini hanya melewati proses diperah lalu disaring untuk menghilangkan kotorannya. Kelebihan susu ini, memiliki kandungan asam amino, vitamin, mineral, dan asam lemak yang lebih banyak ketimbang susu yang dipasteurisasi (dipanaskan). Tapi kekurangan whole milk adalah tidak dapat bertahan lama. Jadi Mama harus segera meminumnya pasca diperah dan disaring.
2. Susu Full Cream
Susu full cream berasal dari perahan sapi yang memiliki rasa legit dan gurih, serta tekstur yang kental dan creamy. Hal ini dikarenakan susu full cream melewati proses pasteurisasi, yakni pengurangan kadar air dalam susu, sehingga menjadi lebih kental. Namun meskipun telah dilakukan pasteurisasi, kadar lemak dalam susu full cream tidak berkurang, sehinga minuman ini juga memilik kalori yang tinggi, yaitu sekitar 150 kcal per porsi. Nyaris dua kali lipat lebih banyak dari versi yang rendah lemak (skim).
3. Susu Bubuk
Susu bubuk merupakan salah satu susu yang populer di pasaran, dan tidak sulit untuk mencarinya. Mulai dari susu ibu hamil atau menyusui, susu untuk anak balita, rendah lemak, rata-rata semua berbentuk susu bubuk. Susu jenis ini berasal dari susu segar yang dikeringkan dengan spray dryer sampai kadar airnya hanya 9%. Biasanya, ada tambahan vitamin serta mineral dalam susu bubuk untuk meningkatkan kualitas.
4. Skim milk
Skim milk atau susu skim yaitu jenis yang lebih rendah lemak dan kalori daripada susu full cream dan reduced fat. Kandungan lemaknya berkisar 0,5% atau bahkan tidak ada sama sekali, dan kalorinya sekitar 80 – 90%. Nutrisi susu skim umumnya tetap sama dengan full cream yakni sama-sama kaya vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, kalsium, serta fosfor. Melihat kandungan lemak dan kalorinya, tidak heran jika skim milk dijadikan alternatif bagi yang sedang diet. Meski begitu, skim milk tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak berusia di bawah 5 tahun. Pada usia tersebut anak masih membutuhkan asupan energi tinggi buat menunjang masa pertumbuhannya.
5. Susu Rendah Lemak ( Low Fat)
Berbeda dengan susu kurang lemak, kandungan lemak jenuh didalam susu rendah lemak biasanya jauh lebih rendah yaitu hanya sekitar 1% saja. Tetapi kalori beserta kandungan penting lain seperti vitamin dalam susu ini sama dengan seperti susu kurang lemak, yakni berkurang jauh jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Hal ini disebabkan oleh proses pengurangan lemak yang terjadi pada susu. Tetapi meskipun begitu, saat ini banyak produsen susu yang memiliki cara untuk mengembalikan kandungan vitamin dan nutrisi dalam susu rendah lemak agar tetap memiliki manfaat ketika dikonsumsi.
6. Susu UHT
Secara pengolahan susu ini berbeda dengan berbagai susu lainnya. Susu UHT merupakan singkatan dari Ultra High Temperature, yakni proses pasteurisasi susu yang jauh lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Jika umumnya susu hanya dipanaskan pada suhu 70 derajat celcius selama 15 detik, susu UHT dipanaskan dalam suhu 135 derajat celcius selama 1-2 detik. Proses ini digunakan untuk membunuh semua mikroorganisme termasuk spora. Namun waktu yang singkat digunakan agar tidak merusak nilai gizi, warna, rasa, serta aroma dari susu. Hal ini membuat susu UHT memiliki masa simpan yang lebih panjang, namun nutrisinya tidak jauh dari susu murni.
Itulah beberapa jenis susu yang perlu ketahui. Semoga bermanfaat!