Cara Merawat Baju Putih
Hampir semua orang mempunyai baju putih di lemarinya baik kaos ataupun kemeja.
Baju warna putih memang mudah untuk di mix & match dengan warna-warna lain dan bisa digunakan untuk berbagai momen mulai dari yang santai sampai dengan yang formal seperti pesta pernikahan. Mencuci pakaian berwarna putih memang tidak mudah. Pasalnya, masalah pada baju putih sangatlah beragam, mulai dari noda membandel hingga warna putih yang bisa menguning. Khususnya jika sudah lama dicuci, baju berwarna putih milikmu bisa saja kusam dan tak lagi putih cemerlang. Nah, berikut cara merawat baju putih yang benar:
1. Selalu cuci pakaian putih secara terpisah
Gunakan pemutih berbahan alami
Cucilah pakaian putihmu terpisah dari pakaian berwarna yang lainnya. Pasalnya, beberapa kain berwarna bisa saja melepaskan warnanya pada saat proses pencucian, sehingga membuat warnanya merembes ke pakaian putih dan menyebabkan noda.
2. Gunakan pemutih berbahan alami
menggunakan cairan pemutih terlalu sering justru bisa membuat baju jadi kekuningan. Hal ini disebabkan oleh reaksi kimia di dalamnya. Selain itu, umumnya cairan pemutih mengandung zat yang bisa menipiskan kain kalau terlalu sering pakai. Nah, cara merawat baju putih yang paling aman menggunakan pemutih alami. Kamu bisa gunakan baking soda, lemon, atau cuka.
3. Jangan mencuci melebihi beban mesin cuci Kesalahan lain yang membuat kemeja putih tidak lagi terlihat cerah adalah kecenderungan mencuci pakaian melebihi beban maksimal mesin cuci. Pakaian perlu disirkulasikan di sekitar mesin agar bersih. Jika kamu mengisi mesin hingga penuh, deterjen tidak memiliki cukup ruang untuk berinteraksi dengan noda pada pakaian sehingga tak bisa bekerja maksimal.
4. Gunakan deterjen khusus baju putih
Beberapa deterjen memang dikhususkan untuk baju berwarna putih. Kandungan pemutihnya akan membuat warna baju kamu tidak berubah. jangan sampai kamu menggunakan deterjen ini untuk baju-baju kamu yang berwarna.
5. Gunakan suhu air sesuai label baju
Beberapa baju dianjurkan untuk dicuci dengan air suhu tertentu. Tujuannya untuk menghilangkan noda minyak dan keringat yang menempel dengan lebih mudah. Selain warna, kamu juga bisa mengelompokkan baju sesuai dengan teknik mencucinya.
6. Rendam pakaian yang terlalu kotor sebelum mencucinya
Jika pakaian putihmu terlalu kotor, rendamlah dulu menggunakan air, deterjen dan pemutih selama 10-15 menit. Kemudian peras pakaian, dan cucilah dengan mesin cuci seperti biasa. Cara ini akan menghindarkan pakaian putih dari kesan kusam.
7. Jangan gunakan deodoran berkandungan aluminium
Umumnya, deodoran mengandung senyawa berbasis aluminium yang berfungsi untuk mengurangi keringat berlebih (antiperspiran). Nah, proses reaksi kimia inilah yang bisa menimbulkan noda kekuningan dan menempel pada pakaian. Oleh karena itu, sebaiknya beralihlah ke deodoran yang bebas aluminium.
8. Setrika dengan suhu sedang
Hindari menyetrika baju putih kamu dengan suhu yang terlalu panas ya! Ini bisa menyebabkan baju putih kamu kusam atau bahkan timbul noda kekuningan. Setrika baju putih kamu dengan suhu sedang atau menyesuaikan dengan perawatan yang tertera dengan label baju.
9. Keringkan pakaian sesuai dengan petunjuk pada label
Mengeringkan pakaian secara berlebihan dapat membuatnya terlihat lebih kusam. Untuk menghindari hal ini, selalu periksa label perawatan pakaian untuk menentukan bagaimana kamu harus mengeringkan baju (atau apakah kamu tidak boleh mengeringkannya sama sekali).
10. Perhatikan penyimpanan baju
Cara merawat baju putih yang terakhir adalah menggunakan hanger dari plastik atau kayu. Hindarilah menggantung pakaian dengan hanger besi karena berpotensi menimbulkan noda karat pada pakaianmu. Selain itu, usahakanlah menyimpan bajumu dalam lemari tertutup. Jika kamu menggunakan rak baju gantung terbuka, kamu bisa menutupinya dengan kain atau penutup pakaian. Hal ini untuk menghindari terkenanya bercak-bercak noda yang tak diinginkan pada pakaian.
Itulah cara merawat baju putih yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!