Kembali ke Alam
Sungai Colorado adalah sumber air utama bagi banyak negara bagian di Amerika Serikat bagian barat.
Dan permukaan airnya terus menurun akibat perubahan iklim dalam beberapa tahun terakhir.
Bahkan waduk tipe saluran utama, Danau Mead dan Danau Powell, saat ini hanya memiliki volume air sekitar seperempat dari tingkat penyimpanan maksimum masing-masing. Dalam kasus kekeringan yang berkepanjangan, beberapa kota
di Amerika Serikat bagian barat mulai mengambil tindakan untuk menghemat air.
Menurut laporan, badan air yang mengelola Phoenix, Salt Lake City, dan kota-kota lain, baru-baru ini menandatangani perjanjian untuk menghilangkan sejumlah besar rumput hias di Amerika Serikat bagian barat untuk melindungi volume air Sungai Colorado yang semakin habis. Karena sebagian besar air di Sungai Colorado digunakan untuk irigasi pertanian, dan 20% lainnya untuk perkotaan. Oleh karena itu, badan air akan menghilangkan 30% lahan hijau, seperti halaman rumput depan mall, di tengah jalan, dan di pintu masuk komunitas. Selain itu, badan air akan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan efisiensi pemanfaatan sumber daya air, meningkatkan daur ulang air, dan mempertimbangkan perubahan cara pembayaran tagihan air untuk mendorong warga menghemat air.
Mengapa perlu menghilangkan rumput hias di sekitar sungai?
- Banyaknya vegetasi yang ada di permukaan tanah akan berdampak besar terhadap proses mengalirnya air hujan
ke sungai. Pada musim hujan, volume air sungai akan semakin besar. Jika vegetasi dalam kisaran tertentu di sekitar sungai dirusak. Tidak akan ada pohon dan tanaman yang menghalangi air hujan, sehingga air hujan akan meresap ke dalam tanah. Kemudian pada musim hujan, air hujan di kawasan ini akan mengalir ke sungai lebih cepat dan lebih banyak, sehingga ketinggian air sungai akan semakin tinggi.
- Kekeringan yang parah
Jika vegetasi tersebut rusak, maka kemampuan konservasi air di sekitar sungai pasti akan menurun. Dengan sedikitnya vegetasi untuk menyerap dan menahan air hujan, maka konservasi air di sekitar sungai tidak akan mampu menyediakan sumber air untuk mengatasi kekeringan saat sungai kering. Oleh karena itu, ketika terjadi kekeringan di bagian tengah dan hulu sungai yang vegetasinya rusak, umumnya akan semakin parah dan sulit diatasi.
- Longsor
Jika vegetasi di sekitar sungai hancur, maka dampak yang paling intuitif adalah erosi tanah di dekat sungai, sehingga merusak topografi aslinya, karena tidak ada pepohonan dan tumbuhan yang menambatkan tanah, maka tanah akan terbawa ke sungai ketika tersapu oleh hujan. Akibatnya, air sungai akan menjadi keruh, dan sejumlah besar sedimen akan terbawa ke daerah hilir sungai untuk diendapkan, yang dapat menaikkan permukaan air dasar sungai dan sekaligus menyebabkan pendangkalan saluran sungai.
Awal tahun ini, perusahaan air minum di Albuquerque, New Mexico, Las Vegas, Nevada, Denver, Colorado, dan kota-kota lainnya, menandatangani perjanjian serupa untuk mendorong konservasi air. Namun berapapun banyak air yang dihemat, tindakan ini tidak akan mengubah ketinggian air pada Sungai Colorado dan mempertahankan ketinggian permukaan waduk. Cynthia Campbell, konsultan pengelolaan sumber daya air di Phoenix, juga berpendapat bahwa konservasi air perkotaan saja tidak dapat menyelesaikan masalah penurunan permukaan air sungai dan menurut beberapa penyedia air, penghematan air di perkotaan tidaklah cukup untuk menyelesaikan masalah kelangkaan air ini.