Alpaka
Bertentangan dengan kepercayaan umum.
Alpaka bukanlah persilangan antara domba dan unta, melainkan hasil persilangan antara guanaco dan vicuña.
Guanaco adalah nenek moyang alpaka liar dan unta domestik, masih belum terdomestikasi, terutama yang ditemukan di Amerika Selatan.
Di sisi lain, vicuña memiliki bulu mewah dengan kualitas luar biasa dan penampilan menyerupai guanaco, meskipun ukurannya lebih kecil dengan rona wajah yang lebih terang.
Pengungkapan fakta lainnya adalah alpaka memiliki hubungan yang lebih dekat dengan unta daripada domba, karena temperamen mereka yang tidak terduga. Meskipun tampak jinak, alpaka dapat menunjukkan perilaku agresif ketika merasa keselamatan mereka terancam, dengan meludah dan mengeluarkan zat berwarna hijau, asam, dan menimbulkan rasa mual, yang disebut sebagai "muntah", dengan jangkauan hingga tiga meter. Emisi berbahaya ini merupakan pencegah yang ampuh untuk menjauhkan diri dari ancaman yang dirasakan. Namun jika targetnya tetap ada, maka Alpaka akan melakukan agresi fisik untuk mempertahankan diri.
Tidak hanya menyerang manusia, sebagai hewan sosial, mereka juga bertengkar satu sama lain, terutama ketika bersaing untuk mendapatkan makanan atau menegaskan dominasi dalam kelompok. Individu yang berpangkat lebih rendah mungkin menantang mereka yang berstatus lebih tinggi, yang mengarah pada konfrontasi yang melibatkan pukulan kuku, gulat, dan meludah. Diketahui Alpaka betina lebih sering meludah dibandingkan alpaka jantan. Ia akan meludah sebagai cara untuk menolak lamaran jantan yang tidak disukainnya atau menangkal rayuan jantan terlebih selama kehamilan, bahkan mereka akan menyemprotkan sekret dan kotoran untuk mengungkapkan ketidaksenangannya. Selain itu, mereka akan mengeluarkan suara yang mengganggu seperti suara unta saat mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan.
Meskipun penampilan alpaka terlihat menggemaskan, jika diprovokasi alpaka akan melakukan hal yang mengejutkan sebagai bentuk pertahanan diri, mekanisme tangguh ini berakar pada sejarah evolusi dan interaksi sosialnya.