Tips untuk Berkemah
Berkemah adalah gaya hidup luar ruangan jangka pendek yang banyak dilakukan orang untuk lebih dekat dengan alam.
Pengembunan di dalam tenda adalah salah satu kejadian yang paling umum terjadi selama berkemah di luar ruangan.
Dialami oleh hampir setiap peserta kemah selama fluktuasi suhu antara siang dan malam. Meskipun ini bukan masalah besar, namun sering kali hal ini menimbulkan ketidaknyamanan. Pengembunan adalah fenomena alam, mirip dengan kabut pada gelas atau tetesan air yang terbentuk pada kaleng soda dingin, dan hal ini terjadi di semua tenda, baik tenda berlapis ganda atau tunggal, dan tidak peduli dari bahan apa tenda tersebut dibuat.
1. Bagaimana kondensasi terbentuk di dalam tenda?
Proses pengembunan di dalam tenda mirip dengan yang terjadi saat mandi, dimana uap air menyebabkan cermin di kamar mandi menjadi basah. Ketika udara lembab bertemu dengan permukaan tenda yang dingin, udara tersebut mengembun dari gas menjadi cairan.
2. Bagaimana cara mengurangi kondensasi di dalam tenda?
Pengembunan tenda disebabkan oleh udara lembap yang dihembuskan penghuni tenda menghadapi suhu yang lebih rendah di dalam tenda. Meskipun Anda tidak dapat sepenuhnya mencegah terjadinya kondensasi, Anda dapat mengambil beberapa tindakan untuk menguranginya, termasuk:
Hindari mendirikan tenda di area yang lebih rendah di lokasi perkemahan, karena udara yang lebih dingin sering kali menetap di sana. Menjaga dinding tenda tetap hangat akan mengurangi kondensasi. Hindari berkemah di daerah dengan kelembapan tinggi seperti dekat rawa-rawa, kolam, danau, atau sungai. Berkemah di dekat badan air meningkatkan kelembapan di udara, menyebabkan lebih banyak kondensasi karena fluktuasi suhu.
Pertahankan kelembapan yang lebih rendah di dalam tenda dengan memasak dan merebus air di luar. Sebelum memasuki tenda di penghujung hari, lepaskan sepatu dan pakaian basah dan biarkan mengering di luar. Jika tidak memungkinkan, simpan di dalam tas. Pastikan udara lembap yang dihembuskan penghuni dapat keluar dari tenda melalui jendela atau bukaan lainnya. Tindakan apa pun yang meningkatkan ventilasi tenda akan mengurangi pembentukan kondensasi.
3. Apakah pemilihan tenda yang tepat dapat menghindari pengembunan?
Meskipun banyak orang percaya bahwa tenda yang baik dapat mencegah pembentukan kondensasi, kenyataannya tidak ada tenda yang cocok untuk semua lokasi, musim, dan iklim.
Oleh karena itu, yang paling perlu Anda lakukan adalah memilih tempat berkemah daripada tenda untuk meminimalkan atau mencegah pengembunan di dalam tenda. Tentu saja, berbagai jenis tenda memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda di aspek lainnya, dan Anda perlu mempertimbangkannya.
4. Apa yang harus dilakukan saat hujan?
Saat hujan, kelembapan udara di sekitar meningkat, yang berarti kemungkinan terjadinya pengembunan di dalam tenda lebih besar. Hal ini mirip dengan berkemah di dekat badan air seperti kolam atau sungai, tetapi dengan kelembapan yang jauh lebih tinggi. Jika Anda berkemah dengan tenda berdinding tunggal, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah menyeka kondensasi dengan handuk berkemah karena tidak ada jalan lain.
5. Semakin banyak orang di dalam tenda, semakin banyak kondensasi
Saat tidur malam, setiap orang menghembuskan kurang lebih 1 liter uap air, semua itu terjadi tanpa disadari. Jika dua orang berbagi tenda, total kondensasi yang dihasilkan adalah dua liter, dan seterusnya. Jadi, semakin banyak orang di dalam tenda, semakin banyak pula kondensasi yang dihasilkan. (Ini pula mengapa hal pertama yang sering Anda lakukan saat bangun tidur di malam atau pagi hari adalah minum air putih.)
6. Bagaimana jika tenda basah karena pengembunan?
Jika Anda terbangun dan mendapati tenda Anda basah kuyup, Anda memerlukan waktu untuk menjemur tenda di bawah sinar matahari. Jika Anda terburu-buru untuk berangkat, pastikan untuk menyeka tetesan air di permukaan tenda dengan handuk kering, karena akan sangat mengurangi kelembapan. Yang terbaik adalah mendirikan kemah lebih awal di malam hari agar tenda Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengering sebelum tidur.
Pengembunan merupakan gangguan kecil saat berkemah di tenda, namun metode ini dapat meminimalkan dampaknya. Manfaatkan handuk sebaik-baiknya saat cuaca hangat, dan pastikan tidak ada benda lembap di dalam tenda Anda untuk mengurangi masalah pengembunan.